Herman Deru Bawa Sumsel Jadi Provinsi Terinovatif 2020

    Meilikhah - 19 Desember 2020 11:04 WIB
    Herman Deru Bawa Sumsel Jadi Provinsi Terinovatif 2020
    Sumsel dinobatkan sebagai Provinsi Terinovatif 2020 bersama empat provinsi terkemuka lainnya seperti Jawa Tengah, Lampung, DKI Jakarta, dan Banten. (Foto: Istimewa)



    Jakarta: Kerja keras Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru membawa kemajuan di Bumi Sriwijaya memasuki dua tahun masa kepemimpinannya semakin terbukti. Berkat tangan dinginnya, Sumsel dinobatkan sebagai Provinsi Terinovatif 2020 pada malam puncak Penganugerahaan Innovative Goverment Award (IGA) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat, 18 Desember 2020.

    Sumsel dinobatkan sebagai Provinsi Terinovatif 2020 bersama empat provinsi terkemuka lainnya seperti Jawa Tengah, Lampung, DKI Jakarta, dan Banten. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Gubernur Sumsel Herman Deru melalui Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Pemprov Sumsel Edwar Juliartha.






    "Syukur atas penghargaan yang telah diberikan. Ini adalah bentuk penilaian apresiasi pusat terhadap semangat dan keberhasilan inovasi daerah Sumsel. Dengan penghargaan IGA 2020 semakin memotivasi kami untuk melakukan peningkatan layanan publik dan tata kelola pemerintah dan pembangunan di daerah. Semoga ke depan semua potensi yang ada di Sumsel bisa kita jadikan ladang inovasi untuk membawa Sumsel lebih maju," ujar Edwar, Jumat, 18 Desember 2020.

    Baca juga: Satgas Covid-19 Yogyakarta Harap Tes Antigen Beri Rasa Aman Wisatawan

    Menurut Edwar, dalam kondisi pandemi covid-19, bukan hanya Sumsel yang terdampak namun juga seluruh dunia. Karena itu ia berupaya tetap melakukan inovasi-inovasi untuk menggerakkan ekonomi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

    "Sejak pandemi melanda, memang dua hal tersebut menjadi perhatian khusus Pemprov Sumsel. Karena itu berbagai program terobosan dan inovasi terus ditingkatkan bagi IKM dan UMKM. Karena kita tahu pelaku usaha IKM dan UMKM ini jumlah besar dan paling tahan banting namun mereka ini tetap perlu didukung oleh pemerintah daerah," terangnya.

    Ia melanjutkan, "Alhamdulillah kondisi ekonomi Sumsel masih jauh lebih baik bila dibandingkan beberapa provinsi lain di Indonesia serta masih lebih baik dari Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang minus 5,32 persen."

    Herman Deru Bawa Sumsel Jadi Provinsi Terinovatif 2020
    Penghargaan Provinsi Terinovatif 2020. (Foto: Istimewa)

    Terkait penilaian dan pemberiaan penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020, penerapan Inovasi Daerah  di Sumsel mengalami lonjakan yang luar biasa. Nilai Indeks Inovasi Daerah Sumsel pada IGA 2019 sebesar 7.477 dengan jumlah Inovasi yang diterapkan sebanyak 33 inovasi.

    Pada tahun ini, inovasi yang diterapkan meningkat hampir 2.000 persen, yaitu berjumlah 616 inovasi dan Nilai Indeks Inovasi Daerah Sumsel 2020 sebesar 87.713 menduduki ranking Pertama dalam Aplikasi IGA Kemendagri.

    Adapun yang menjadi salah satu inovasi andalan Sumsel yakni pengalengan pindang ikan patin yang merupakan makanan khas di Sumsel. Inovasi ini sempat menjadi bahan presentasi Gubernur Sumsel Herman Deru dalam rangka penilaian dan pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020, pada  4 Oktober 2020.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id