Ahmad Ali Kawal Bantuan Pertanian Hingga ke Tingkat Bawah

    Al Abrar - 22 Oktober 2020 09:27 WIB
    Ahmad Ali Kawal Bantuan Pertanian Hingga ke Tingkat Bawah
    Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Ahmad M Ali. Istimewa
    Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan), menyalurkan bantuan bagi petani di Kotaraya, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Ahmad M Ali menyampaikan komitmen mengawal distribusi bantuan.

    Hal tersebut diutarakan Ali lantaran banyak petani mengeluh belum mendapat bantuan yang diberikan Kementan. Selain itu, Ali mendapat laporan tentang kelangkaan pupuk di daerah tersebut. Padahal, bantuan dari pusat sudah diberijan sejak Januari 2020.

    "Maka saya berjanji untuk mengawal ini dalam waktu sesingkat singkatnya. Sehingga pupuk ini bisa langsung terdistribusikan sehingga para petani bisa mendapatkan, memberli, dan menggunakan kepentingan pertanian," kata Ahmad M Ali usai bertemu kelompok tani di Desa Kotaraya, Mepanga, Parimo, Rabu, 21 Oktober 2020.

    Dia mengaku telah mengusut persoalan distribusi bantuan. Menurut Ali, hambatan distribusi bantuan berupa peralatan, benih, hewan ternak, hingga dana kredit usaha rakyat (KUR) terjadi di tataran pemerintah daerah. 

    "Ketika kami reses pada Januari kemarin yang kira nilainya kalau dirupiahkan mencapai Rp500 miluar. Ternyata bantuan yang telah disalurkan oleh kementrian pertanian belum sampai di tangan petani," kata dia. 

    Baca: Pemkot Cirebon Tak Risau dengan Status Zona Merah Wilayah

    Ali menyebut persoalan distribusi diawali pergantian Kepala Dinas Pertanian Parimo. Hal itu membuat komunikasi yang selama ini dia bangun terputus dan muncul miskomunikasi terkait distribusi bantuan petani.

    Problem lainnya, lantaran Surat Keputusan (SK) baru dikeluarkan pemerintah daerah. Sehingga banyak petani yang mengalami kesulitan bertani.

    "Sebagai Ketua Fraksi Nasdem saya akan berusaha berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan di Jakarta untuk bisa menyelesaikan persoalan ini. Maka saya akan terus melakukan pengawasan pendistribusian agar bisa sampai kepada yang berhak menerima," kata dia.


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id