Pemprov Sumut Bakal Normalisasi Sungai Belawan

    Media Indonesia.com - 06 Desember 2020 08:55 WIB
    Pemprov Sumut Bakal Normalisasi Sungai Belawan
    Banjir di Meda, Sumatera Utara. MI/Yoseph Pencawan
    Medan: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menormalisasi Sungai Belawan untuk mengantisipasi potensi banjir susulan di daerah aliran sungai (DAS), khususnya di kawasan Tanjung Selamat. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan normalisasi perlu dilakukan karena Sungai Belawan mengalami pendangkalan.

    "Sambil menunggu air surut kita akan melakukan normalisasi Sungai Belawan," ungkap Edy, melansir Media Indonesia, Minggu, 6 Desember 2020.  

    Edy menyambangi salah satu lokasi banjir di Perumahan De Flamboyan, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Sabtu, 5 Desember 2020. Perumahan De Flamboyan merupakan kawasan paling parah terdampak banjir di Kota Medan, sebanyak lima warga dilaporkan tewas karena banjir. 

    Dia menerangkan, melalui pencitraan satelit, sungai Belawan tampak melengkung mengitari kawasan perumahan. Karena itu, bila ada peningkatan ketinggian air sungai, maka akan meluap ke perumahan.

    Baca: 11 Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir

    Edy telah meninjau langsung daerah-daerah aliran Sungai Belawan yang berada di Kelurahan Tanjung Selamat, bersama dengan pimpinan Balai Wilayah Sungai (BWS) II. Dan kini dirinya sudah tahu persis kondisi di lapangan.

    Menurutnya, penanganan bencana banjir bukan seperti memadamkan kebakaran. Perlu analisis perencanaan dan evaluasi yang matang. Kemudian ke depan perlu ada solusi jangka panjang agar Sungai Belawan tidak lagi menyulitkan warga yang bermukim di sekitarnya.

    Evaluasi juga akan dilakukan terhadap perizinan pembangunan perumahan De Flamboyan. Seperti, bagaimana kawasan DAS yang sangat rentan mengalami banjir dapat memiliki izin pembangunan perumahan.

    "Setelah kita dapatkan sesuatu dengan evaluasi dan investigasi, kita akan cari pihak yang bertanggung jawab atas keberadaan perumahan ini," tegas Edy.
     

    Halaman Selanjutnya
    Edy mengatakan saat ini tinggi…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id