comscore

Volume Penumpang Libur Waisak di Bandara Soetta Diprediksi Menyamai Idulfitri

Antara - 14 Mei 2022 21:44 WIB
Volume Penumpang Libur Waisak di Bandara Soetta Diprediksi Menyamai Idulfitri
Petugas AP II Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten memeriksa tiket penumpang sebelum melakukan perjalanan penerbangan. ANTARA/Azmi Samsul Maarif.
Tangerang: PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memprediksi jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten selama libur Hari Raya Waisak akan mendekati masa puncak arus mudik Lebaran 2022.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan pergerakan penumpang di Bandara Soetta setempat pada akhir pekan ini diperkirakan tidak jauh berbeda dengan pergerakan penumpang pada periode puncak arus mudik maupun puncak arus balik Lebaran.
Hal itu dikarenakan, banyaknya calon penumpang yang memanfaatkan momen berlibur dengan keluarga.

"Kita tahu, besok hari Senin kita ada hari libur Waisak, data prediktif yang sudah dihimpun oleh rekan-rekan AOCC angkanya ini sekitar 132 ribuan pergerakan penumpang. Jadi ini masih tidak terlalu jauh dari angka puncak (arus mudik dan arus balik) di Soetta," ujarnya di Tangerang, Sabtu, 14 Mei 2022.

Baca: 79 Narapidana Beragama Buddha di Riau Diusulkan Dapat Remisi Waisak

Ia mengungkapkan pada momen libur tahun ini jumlah calon penumpang akan terjadi peningkatan yang signifikan, baik itu penumpang domestik maupun pergerakan penumpang Internasional.

"Kami sampaikan juga bahwa tren trafik penerbangan internasional ini juga terus meningkat. Jadi, hari ini sudah 15 ribuan. Kalau dihitung in-out, kurang lebih dua kali lipat sekitar 30 ribuan. Jadi ini angka yang cukup prospektif," katanya.

Ia menjelaskan pergerakan penumpang tertinggi di Bandara Soetta terjadi pada H-3 Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah atau atau tepatnya pada Jumat, 29 April. Di mana, penumpang pesawat yang melintas di Bandara Soetta mencapai 150 ribu orang lebih.

"Angka puncak ini kita tahu ada di 151 ribu (penumpang). Sementara, pergerakan pesawatnya waktu itu 1.050 penerbangan," jelasnya.

Ia juga menyebutkan saat ini tercatat volume pergerakan penumpang ada sekitar 132.676 orang baik kedatangan maupun keberangkatan.

"Untuk keberangkatan terdapat 64.607 penumpang dengan 428 penerbangan dan kedatangan 68.069 penumpang dengan 433 pergerakan pesawat," ungkap dia.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id