comscore

Sultan Tak Ingin Membedakan Warga yang Bertikai

Ahmad Mustaqim - 05 Juli 2022 16:06 WIB
Sultan Tak Ingin Membedakan Warga yang Bertikai
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim
Yogyakarta: Kelompok masyarakat luar daerah terlibat dalam kerusuhan di Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan tak perlu mengundang atau melibatkan pemerintah daerah asal dalam penyelesaian masalah tersebut.

"Gak perlu. Mereka warga saya. Kebetulan aspek sukunya lain itu memang Indonesia. Tapi tinggal di Jogja. Itu mereka bagian dari orang Jogja. Saya tidak mau membeda-bedakan," kata Sultan di Yogyakarta, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Baca: Polda DIY Segera Tetapkan Tersangka Kerusuhan di Babarsari Sleman

Sultan mengungkapkan masyarakat Indonesia memiliki hak tinggal di mana pun. Meski demikian, kata dia, orang yang tinggal di suatu daerah harus mematuhi aturan yang berlaku.
"Kalau melakukan tindak pidana dan melanggar hukum, ya tegakkan. Yang penting hukum ditegakkan," jelas Sultan.

Sultan mengungkapkan masyarakat di Yogyakarta biasa menghargai sesama. Menurut dia masyarakat yang memiliki perselisihan seharusnya bisa membicarakan atau berdialog.

"Masyarakat yang menghargai orang lain bisa rukun. Saya harap mereka bisa begitu. Kesalahpahaman bisa diselesaikan dengan dialog, bukan dengan kekerasan fisik," ungkapnya.

Ia menambahkan penindakan hukum akan ditegakkan dan tak boleh main-main. Kekerasan yang dilakukan masyarakat dari berbagai latar belakang selama ini tetap diproses hukum.

"Dengan penindakan hukum untuk membuat yang lain tidak main-main. Mosok sampai yang ada korban tidak kami tindak. Klithih saja ditindak. Harus adil menegakkan hukum, jangan pilih-pilih," ujarnya.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id