comscore

360 Energy Resmikan Mikro PLTA di Desa Cikurutug, Sukabumi

MetroTV - 29 Juni 2022 20:50 WIB
360 Energy Resmikan Mikro PLTA di Desa Cikurutug, Sukabumi
Peresmian Mikro PLTA di Kabupaten Sukabumi. Metro TV
Sukabumi: Sekelompok anak muda menciptakan proyek percontohan Mikro Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang tergabung dalam 360 Energy. Proyek ini digelar di Desa Cikurutug, Kecamatan Cirenghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Proyek ini mendapat respons sangat baik dari berbagai pihak yang ikut dalam peresmian Mikro PLTA tersebut. Proyek ini mampu mengembangkan energi terbarukan yang ramah lingkungan serta membantu sektor perikanan dan pertanian warga sekitar.
"Saya bangga sekali dan siap mendukung, semoga dengan dukungan kita semua ini muncul generasi muda yang tidak hanya mementingkan materi tapi juga mementingkan kesejahteraan saudara kita yang lain," ujar CEO Benihbaik.com, Andy F Noya.

Proyek inovasi ini menginspirasi dalam mengembangkan ekonomi pedesaan. Proyek yang mengandalkan debit air irigasi ini diklaim mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 4,5 kilowatt yang bisa diperuntukan untuk lima rumah dengan daya 900 watt setiap rumahnya.

Selain itu, proyek percontohan yang baru diresmikan Rabu siang tadi, 29 Juni 2022 juga mampu membantu di sektor perikanan dan pertanian warga setempat. Hasil perikanan yang lebih cepat panen dan menekan pengeluaran akibat harga pakan yang selalu naik.
 
Baca: PLTA Poso Tahap 2 Beroperasi, Sistem Listrik Sulawesi Paling Hijau

Sementara itu, di sektor pertanian aliran air yang mengaliri area persawahan akan stabil dengan alat yang sederhana ini. Manfaatnya akan sangat dirasakan dan mudah ditempatkan di lokasi lain dengan syarat aliran irigasi yang atau debit air yang stabil. 

Sebelum diterapkan, pihaknya telah melakukan uji penelitian selama hampir enam bulan dan akhirnya bisa diresmikan dengan harapan mampu meningkatkan ekonomi pedesaan yang semakin maju berkat teknologi mikro PLTA ini. 

"Proyek ini cocok untuk di semua lahan pertanian dan perikanan yang memiliki aliran irigasi cukup baik," kata Founder atau Executive Director 360 Energy, Kemal Rifky.

Ditambah sangat memiliki potensi besar untuk kelangsungan para petani. Alat ini juga merupakan motor kecil penggerak yang sangat mudah dan sangat sederhana yang bisa ditempatkan di seluruh area. 

Sementara, Kepala Desa Cikutug, Muhamad Ripai mengatakan, pihaknya berharap proyek ini terus dikembangkan agar bisa membantu dan meningkatkan sektor ekonomi petani di wilayahnya dengan pengembangan Mikro PLTA ini juga bisa mendukung kegiatan kelompok tani dan masyarakat terutama kebutuhan listrik di Desa Cikurutug.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id