Warga Pesisir Manokwari Digegerkan Fenomena Waterspout

    Antara - 24 November 2021 10:45 WIB
    Warga Pesisir Manokwari Digegerkan Fenomena <i>Waterspout</i>
    Penampakan fenomena alam "waterspout" di perairan laut Manokwari Timur Provinsi Papua Barat, Rabu (24/11/2021). ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA



    Manokwari: Warga di pesisir pantai Manokwari Timur, Papua Barat, digegerkan fenomena alam waterspout atau angin putar di permukaan air pada Rabu pagi, 24 November 2021, sekitar pukul 07.00 WIT. Kemunculan pusaran angin di atas permukaan laut ini dibenarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Rendani Manokwari.

    "Fenomena tersebut merupakan waterspout yang terbentuk dari sistem awan kumulonimbus," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Rendani Manokwari Daniel Tandi, melansir Antara.

     



    Ia menjelaskan, waterspout merupakan fenomena alam yang identik dengan fenomena puting beliung, tetapi terjadi di atas permukaan air. Fenomena waterspout terbentuk dari sistem awan kumulonimbus.

    Baca: Angin Kencang Terjang Korban Banjir di Kapuas Hulu, Kalbar

    "Fenomena waterspout biasanya bersifat lokal di perairan, dan terjadi dalam periode waktu singkat, paling lama 15 menit," ujarnya.

    Ia mengatakan, fenomena waterspout bergantung pada kondisi labilitas atmosfer sekitar. Namun, tidak semua awan kumulonimbus dapat menimbulkan fenomena semacam itu

    "Awan kumulonimbus juga mengindikasikan potensi hujan lebat disertai kilat petir dan angin kencang," ungkapnya.

    Pantauan lapangan, fenomena waterspout berlangsung selama 15 menit, sekitar pukul 07.00-15.00 WIT saat belalai angin mencapai tepian pantai Manokwari Timur. 

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id