5 Fakta Tenggelamnya Kapal Pengayom IV di Perairan Nusakambangan

    Sri Yanti Nainggolan - 17 September 2021 20:19 WIB
    5 Fakta Tenggelamnya Kapal Pengayom IV di Perairan Nusakambangan
    Kapal Pengayoman IV yang terbalik di Perairan Nusakambangan (Segara Anakan), Kabupaten Cilacap, Jumat (17/9/2021). ANTARA/HO-BPBD Cilacap



    Jakarta: Kapal Pengayoman IV tenggelam di Perairan Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Jumat, 17 September 2021. Kapal itu semula berangkat dari Dermaga Wijayapura, Cilacap, menuju Dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan.

    Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membenarkan Kapal Pengayom IV yang mengangkut dua truk dan beberapa petugas tenggelam di perairan Nusakambangan.

     



    "Informasi yang beredar bahwa kapal Pengayoman IV tenggelam di Nusakambangan adalah benar," kata Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman dilansir dari Antara, Jumat, 17 September 2021. 

    Baca: Tim SAR Berhasil Evakuasi 7 Korban dari Kapal Pengayoman IV

    Berikut adalah beberapa hal terkait terbaliknya Kapal IV di Perairan Nusakambangan. 

    1. Kronologi Kapal Pengayoman IV tenggelam 

    Kapal itu berangkat dari Dermaga Wijayapura pada pukul 08.50 WIB membawa tujuh penumpang termasuk awak kapal, satu unit sepeda motor, serta dua truk bermuatan pasir.

    Saat berada di tengah perjalanan, kapal mulai terlihat oleng akibat angin kencang dan terjangan ombak besar dan kuat. Sekitar pukul 09.00 WIB, kapal tersebut terhempas angin dan terbalik. 

    2. Dua orang meninggal dalam kecelakaan Kapal Pengayoman IV

    Koordinator Lapas Se-Nusakambangan Jalu Yuswa Panjang mengatakan Kapal Pengayoman IV yang terbalik hingga akhirnya tenggelam itu membawa tujuh penumpang dan dua truk.

    "Kapal Pengayoman IV betul tenggelam setelah terbawa arus putar. Muatan di atasnya ada truk miring dan kapal ikut miring lanjut tenggelam," beber Jalu.

    5 Fakta Tenggelamnya Kapal Pengayom IV di Perairan Nusakambangan
    Posisi kapal Pengayoman IV setelah ditarik dari lokasi kecelakaan ke dekat Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jumat (17/9/2021). ANTARA/Sumarwoto

    Ia mengatakan lima orang dari tujuh penumpang kapal Pengayoman IV dapat diselamatkan, sedangkan dua orang lainnya meninggal dunia.

    Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan lima korban selamat terdiri atas Subagyo Antoro (nakhoda), Diki dan Melga (anak buah kapal), Suheris (sopir truk), serta Sulianto (penumpang).

    "Sementara dua korban meninggal dunia terdiri atas Wahyu yang merupakan petugas lapas dan Kardim selaku sopir truk. Seluruh korban telah dievakuasi menuju RSUD Cilacap," tambah dia. 



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id