Dinyatakan Positif, Warga Kuningan Ambil Paksa Jenazah Keluarganya dari RS

    MetroTV - 09 Juli 2021 10:02 WIB
    Dinyatakan Positif, Warga Kuningan Ambil Paksa Jenazah Keluarganya dari RS
    Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id



    Kuningan: Sejumlah warga di Kuningan, Jawa Barat memaksa mengambil jenazah keluarganya yang dinyatakan positif covid-19 dari Rumah Sakit KMC. Keluarga tidak terima karena jenazah dinyatakan positif covid-19.

    Dalam rekaman video yang berdurasi 30 detik, terlihat keluarga pasien mengambil paksa pasien covid-19 dari RS KMC Kuningan. Pihak keluarga menyebut RS tidak mau menyediakan ambulans untuk membawa jenazah. Akhirnya jenazah dibawa dengan mobil bak untuk dimakamkan.

     



    Direktur RS KMC Kuningan Ode Aman Suhati, membenarkan kejadian tersebut. Jenazah yang berjenis kelamin perempuan dinyatakan positif covid-19 setelah dilakukan tes swab PCR oleh petugas RS sebelum meninggal dunia.

    "Suami dari pasien ini menolak untuk pemulasaraan jenazah. Kemudian kami tetap mengikuti keinginan keluarga karena itu adalah hak pasien dan keluarga. Kami mengikuti, tentunya dengan membuat surat pernyataan penolakan," ujar Ode, Kamis, 8 Juli 2021.

    Menurut Ode, jenazah sempat dirawat di RS selama satu hari dengan kondisi sesak nafas disertai penyakit komorbid. Pihak RS sebenarnya telah menyediakan ambulans untuk membawa jenazah dengan prosedur covid-19. Namun, pihak keluarga menolak.

    Sementara Bupati Kuningan Acep Purnama mengaku prihatin dengan peristiwa ini. Apalagi penularan virus korona saat ini melonjak tinggi hingga RS kewalahan untuk menanganinya.

    "Saya prihatin, kalau ini masih saja terjadi di saat pandemi covid-19 dimana semakin hari terasa kondisinya cukup memprihatinkan. Saya hanya mengimbau kepada masyarakat tolong untuk percayakan kepada para nakes. Bahwa kami ini tidak mungkin main-main, dosa rasanya jika kami mengatakan pasien yang tidak covid terkena covid," ujar Acep. (Nabila Safarina)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id