Pemkot Bekasi Targetkan Bebas Plastik 2020

    Antara - 08 Oktober 2019 12:35 WIB
    Pemkot Bekasi Targetkan Bebas Plastik 2020
    ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.
    Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menargetkan wilayahnya bebas dari penggunaan plastik pada 2020 mendatang. Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Ferdinan mengatakan langkah awal yang akan dilakukan yaitu melarang penggunaan plastik di Kompleks Perkantoran Wali Kota Bekasi.

    "Kita mulai dari lingkungan pemerintah kota terlebih dahulu," kata Ferdinan di Bekasi, Selasa, 8 Oktober 2019.

    Ferdinan menjelaskan kebijakan tersebut berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Bekasi 13 Agustus 2019 tentang Program Kantor Bersih, Sehat, dan Bebas Sampah serta Surat Edaran Wali Kota Bekasi tanggal 27 September 2019 tentang Larangan Penggunaan Kantong Plastik atau Kemasan Plastik yang diberlakukan mulai 1 Oktober 2019.

    Senada Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan pelarangan penggunaan kantong plastik sejak Maret meskipun penerapannya dilakukan secara bertahap mulai dari sosialisasi hingga penindakan.

    "Sebab jika langsung mengambil kebijakan ekstrem dengan langsung melarang, kenyataannya kantong plastik masih dibutuhkan untuk keperluan tertentu," jelas Rahmat.

    Rahmat meminta masyarakat mengambil peranan penting dalam pengurangan sampah, misalnya dengan mengolah sendiri sampah organik dengan metode pengomposan sederhana lalu mengurangi penggunaan plastik yang ujung-ujungnya berakhir di tempat sampah. (Syahrum Latupono)

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id