Rute KA Mutiara Selatan dan Malabar Mengalami Perubahan

    Daviq Umar Al Faruq - 02 November 2019 11:34 WIB
    Rute KA Mutiara Selatan dan Malabar Mengalami Perubahan
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Malang: Rute kereta api (KA) Mutiara Selatan dan Malabar mengalami perubahan mulai 1 Desember 2019 mendatang. Dengan begitu jadwal keberangkatan dan kedatangan kedua KA ini juga dipastikan berubah.

    Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan perubahan rute KA ini dilakukan seiring dengan diberlakukannya penggunaan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019.

    "Gapeka 2019 telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019, tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero)," kata Suprapto saat dikonfirmasi, Sabtu, 2 November 2019.

    Rute KA Mutiara Selatan sebelumnya dari Malang - Surabaya Gubeng - Bandung/pp. Kini menjadi Malang-Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir/pp. Sedangkan rute KA Malabar sebelumnya dari Malang - Bandung/pp, kini menjadi dari Malang - Bandung - Pasar Senen/pp.

    Suprapto menjelaskan penetapan Gapeka 2019 ini dilakukan untuk menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI. Gapeka 2019 dibuat untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan.

    Penggunaan Gapeka 2019 secara nasional ini, selanjutnya akan mempengaruhi jadwal perjalanan KA di wilayah Daop 8 Surabaya. Hal itu karena adanya perubahan waktu tempuh perjalanan, perpanjangan rute KA, dan hadirnya KA-KA Baru. 

    Contohnya KA Matarmaja dari Malang ke Pasar Senen, yang semula berangkat pada pukul 17.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada pukul 09.00 WIB atau lebih awal 8 jam 30 menit.

    "Lalu KA Gajayana dari Malang-Gambir, semula berangkat pada pukul 13.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada pukul 13.25 atau lebih awal 5 menit," ungkap Suprapto.

    Suprapto menambahkan bahwa masyarakat bisa memesan tiket pada tanggal 1 November 2019 untuk keberangkatan KA mulai tanggal 1 Desember 2019 dan seterusnya secara bertahap. Tiket bisa dibeli di semua kanal pembelian.

    "Saya mengimbau kepada calon penumpang KA, baik KA jarak dekat atau lokal maupun KA Jarak menengah atau jauh, agar bisa menyesuaikan rencana perjalanannya dengan perubahan jadwal perjalanan kereta api terhitung mulai 1 Desember 2019 nanti," pungkas Suprapto.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id