Longsor Batu Landa Pacitan

    Clicks.id - 17 April 2021 17:25 WIB
    Longsor Batu Landa Pacitan
    Longsor menutup jalan antara desa di Pacitan (Foto / Metro TV)



    Pacitan: Longsor batu kembali terjadi di Pacitan, Jawa Timur. Material lumpur bercampur batu dari lereng Gunung Parangan longsor dan menutup akses jalan desa.

    Akibat longsor ini, jalan penghubung Desa Karangrejo dengan Desa Karanggede, Pacitan, putus. Material batu dan lumpur menutup akses jalan hingga lebih dari 200 meter.






    Melansir Clicks.id, matarial dari lereng gunung tiba-tiba runtuh dan menggenang. Akibatnya, lumpur dan batu meluap hingga menutup badan jalan.

    Baca: Lebih dari 12 Ribu Warga NTT Masih Mengungsi

    Untuk bisa melintas, warga terpaksa menerobos sungai yang penuh dengan lumpur dan bebatuan. Meski membahayakan, warga terpaksa melintas karena tidak ada akses lain.

    Alat berat sudah dikerahkan untuk membuka akses jalan. Namun, upaya tersebut berlangsung lama karena material cukup banyak.

    "Orang di sini menyebutnya banjir batu. Sebab, material yang longsor berupa bebatuan. Longsor juga terjadi bukan karena hujan," kata Kepala Desa Karangrejo, Sardi, Sabtu, 17 April 2021.

    Baca: 1.110 Bencana Melanda Indonesia Selama Januari-April 2021

    Plt Bupati Pacitan Heru Wibowo mengatakan, longsor batu yang terus terjadi karena kontur tanah yang labil. Akibatnya, batu bercampur pasir mudah runtuh, meskipun hujan tidak deras.

    "Longsor batu susulan ini sudah kedua kali dalam seminggu terakhir. Tiga hari sebelumnya juga terjadi longsor batu," ucapnya.

    Pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Besar Bengawan Solo untuk penanganan. Dia mengimbau warga di sekitar lokasi untuk selalu waspada, terutama saat hujan turun.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id