Jemaah Salat Id di Jepara Maksimal 50% dari Kapasitas

    Rhobi Shani - 12 Mei 2021 14:34 WIB
    Jemaah Salat Id di Jepara Maksimal 50% dari Kapasitas
    ilustrasi Medcom.id



    Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengizinkan masyarakat melaksanakan salat Id berjemaan di masjid. Namun jumlah jemaah dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas masjid.

    Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan pembatasan tersebut agar jemaah bisa saling menjaga jarak dan mencegah penyebaran virus korona.

     



    "Karena situasinya memang masih seperti ini. Maksimal 50 persen dari kapasitas masjid saat kondisi normal," kata Dian, Rabu, 12 Mei 2021.

    Baca: Sleman Imbau Destinasi Wisata Disiplin Prokes

    Selain mengizinkan salat Id berjemaah di masjid, Dian juga mempersilakan kepada masyarakat yang hendak melaksanakan salat Id berjemaah di lapangan.

    Namun dia mengatakan untuk lapangan Alun-alun Jepara I dan II tidak boleh digunakan untuk salat Id. "Pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri di Alun-alun I dan Alun-alun II tidak diperbolehkan. Takutnya kalau yang di kota diizinkan, nanti malah ke kota semua," jelas Dian.

    Pemerintah juga membuat aturan khusus bagi seluruh jemaah di Kabupaten Jepara. Takmir masjid diharuskan menghimbau jemaah untuk mengambil wudu di rumah masing-masing. Selain itu takmir juga diharuskan membuat saf salat Id berjarak.

    Takmir masjid juga diharuskan mempersingkat durasi khotbah. Namun tidak boleh mengurangi syarat dan ketentuan syariat. Durasi khotbah yakni tidak melebihi 15 menit.

    "Intinya protokol kesehatan wajib dijalankan. Satu lagi, kegiatan takbir keliling pada malam Idulfitri ditiadakan," ujar Dian.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id