Khofifah Akan Bangun Halal Industrial Estate di Sidoarjo

    Amaluddin - 27 November 2020 18:40 WIB
    Khofifah Akan Bangun Halal Industrial Estate di Sidoarjo
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Jawa Timur bakal memiliki Halal Industrial Estate atau kawasan industri halal. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengaku akan mendirikan kawasan industri halal itu di Kabupaten Sidoarjo.

    "Nanti akan dibangun di lahan seluas 148 hektare dan sudah disiapkan bekerjasama dengan salah satu perusahaan di Sidoarjo," kata Khofifah, di Surabaya, Jumat, 27 November 2020.

    Baca: Kereta Api Tabrak Truk Padi di Jombang, 2 Orang Tewas

    Khofifah tidak menyebut detail lokasi lahan yang sudah siap dan perusahaan mana yang akan menjadi investor kawasan industri halal tersebut. Dengan keberadaan kawasan industri halal itu, Khofifah mengaku ingin Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar dunia, masuk 10 besar industri makanan halal dunia dengan adanya industri halal di Jatim.

    "Menurut State of Global Islamic Economy 2019-2020, halal food Indonesia belum masuk 10 besar dunia. Kalau fashion halal sudah, maka kami ingin siapkan halal industrial estate di Jatim," jelasnya.

    Menurut Khofifah potensi kuliner halal di Jatim sangat melimpah. Namun potensi itu tidak tergarap maksimal. "Rencananya Halal Industrial Estate di Sidoarjo itu akan dilengkapi laboratorium LPPOM MUI, pengurusan sertifikasi halal, juga semua fasilitas kebutuhan industri," ujarnya.

    Dia menjelaskan nantinya industri yang bisa masuk ke kawasan itu, diutamakan industri makanan dan minuman yang asa di Jatim. Selain itu, industri kosmetik jug bisa bergabung di dalamnya.

    Terkait rencana itu Khofifah mengaku sudah menyampaikan kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Bahlil Lahadalia. Khofifah berharap Jatim bisa masuk dalam pencanangan daerah pengembangan kawasan industri halal nasional setelah Batang dan Subang.

    "Kami akan berupaya mendatangkan investor dari dalam atau luar negeri. Karena ini akan jadi pintu masuk kita masuk 10 besar, untuk menumbuhkan kesejahteraan masyarakat," ujar Khofifah.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id