Kuota Vaksin Covid-19 di DIY Dibagi 4 tahap

    Ahmad Mustaqim - 06 Januari 2021 16:07 WIB
    Kuota Vaksin Covid-19 di DIY Dibagi 4 tahap
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menerima vaksin covid-19. Vaksin merek sinovac itu akan diterima lebih dari 2 juta dosis.

    "Ada 2.605.179 dosis. Total kuota dikirim empat tahap," kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Yogyakarta, Rabu, 6 Januari 2021.

    Baca: Gubernur NTT Berencana Beli Vaksin Covid-19 Sendiri

    Lebih dari 26 ribu dosis dikirim pada tahap pertama. Dari jumlah itu, yang terdata sebanyak 25.340 dosis. Puluhan ribu dosis itu nantinya akan ditujukan ke tenaga kesehatan yang menangani covid-19.

    Adapun tahap kedua diperkirakan menerima 555.290 dosis vaksin. Penerimaan vaksin tahap kedua akan diperuntukkan sektor pelayanan publik dan orang lanjut usia (lansia).

    "Vaksinasi terhadap orang umur 60 tahun ke atas nunggu informasi keamanan vaksin buat kelompok ini," jelasnya.

    Penerimaan vaksin tahap ketiga nantinya dikirim sebanyak 995.353 dosis. Nantinya akan dikhususnya kelompok rentan. "Nanti tahap terakhir 1.067.912 dosis, dikhususkan pelaku ekononi dan masyarakat lain," ungkapnya.

    Ia mengatakan proses pemberian vaksin akan dilakukan sekitar 14 Januari untuk tahap pertama. Vaksinasi tahap berikutnya akan menyesuaikan.

    Sejauh ini sebanyak 331 vaksinator telah disiapkan. Mereka merupakan tenaga kesehatan yang telah memiliki kompetensi usai memperoleh pelatihan.

    "Kami membutuhkan sampai tanggal 14 Januari nanti semuanya 1.313 (vaksinator). Perispan vaksinator akan dimulai nanti tanggal 7 Januari dengan pendidikan, pelatihan, dan sebagainya," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id