Dinkes Sidoarjo Bantah Klaim Zona Hijau Covid-19 Kecamatan Waru

    Syaikhul Hadi - 03 November 2020 19:05 WIB
    Dinkes Sidoarjo Bantah Klaim Zona Hijau Covid-19 Kecamatan Waru
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Sidoarjo: Polres Sidoarjo, Jawa Timur, mengeklaim Kecamatan Waru yang sebelumnya berstatus zona oranye penyebaran covid-19 kini telah naik menjadi zona hijau. Hal itu dilihat dari banyaknya pasien covid-19 yang sembuh dan penurunan sebaran kasus positif virus korona.

    Kapolresta Sidoarjo, Kombes Sumardji, mengatakan dari 17 desa di Kecamatan Waru, hanya ada satu orang yang masih dikarantina. Sedangkan hampir seluruh desa sudah berstatus zona hijau atau nol kasus covid-19. 

    "Alhamdulillah, di kawasan Waru sudah berstatus zona hijau," ujarnya, Selasa, 3 November 2020. 

    Data sebaran sebaran kasus dari Polresta Sidoarjo, jumlah pasien terkonfirmasi positif di kecamatan tersebut sebanyak 906 orang. Perinciannya, 837 orang dinyatakan sembuh dan meninggal sebanyak 68 orang.  Sehingga kini dua orang yang masih ditangani.

    Baca juga: Banjir di Sidoarjo Semakin Tinggi, BPBD Aktifkan Pompa

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Syaf Satriawarman, justru membantah terdapat wilayah dengan status zona hijau di Sidoarjo. Menurut dia, hingga kini Sidoarjo masih berada di zona oranye penyebaran covid-19.

    "Kalau ada puskesmas atau kecamatan menyatakan statusnya sudah hijau berarti tidak ada kasus baru. Tapi, buktinya Kecamatan Waru masih ada kasus baru setiap harinya," ujar dia.

    Syaf mengakui ada penurunan jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kecamatan Waru. Hanya, ia tak sepakat jika wilayah itu dinyatakan zona hijau.

    "Penetapan (zona) hijau harus dihitung berdasarkan data di puskesmas atau kecamatan. Mungkin (yang zona hijau) hanya beberapa desa, tidak semua," tegasnya. 

    Berdasarkan data yang dihimpun dari Pemkab Sidoarjo, sebaran data per 2 November 2020, total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Sidoarjo berjumlah 7.233 kasus, angka sembuh mencapai 6.588 kasus, sedangkan angka kematian sebanyak 469 kasus. 

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id