Warga Jawa Barat Bisa Lakukan Pengaduan Online ke Polisi

    P Aditya Prakasa - 14 Februari 2020 15:59 WIB
    Warga Jawa Barat Bisa Lakukan Pengaduan Online ke Polisi
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Bandung: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat dan Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri meresmikan peluncuran posko dan aplikasi E-Dumas (Pengaduan masrakarat online) terpadu. Kini masyarakat bisa lebih cepat melakukan pengaduan kepada polisi melalui aplikasi E-Dumas.

    Inspektur Itwasum Polri Komjen Muchgiarto, mengatakan posko dan aplikasi E-Dumas diciptakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

    "Posko ini dibangun supaya betul-betul bisa menampung aspirasi masyarakat yang mempunyai permasalahan dalam prosesnya itu terjadi keterlambatan dan sebagainya, dia bisa melaporkan ke E-Dumas terpadu ini," kata Muchgiarto di Markas Polda Jawa Barat, Jumat, 14 Februari 2020.

    Muchgiarto mengatakan Polda Jawa Barat merupakan percontohan bagi Polda lain tipe A di Indonesia. Setelah sukses di Polda Jabar, Polda tipe A lainnya pun akan segera menyusul mendirikan posko dan meluncukan aplikasi E-Dumas.

    "Iya, ini yang pertama makanya saya katakan kita hadirkan Itwasda se-Indonesia supaya bisa mencontoh ini tapi saya prioritaskan dulu Polda tipe A yakni Jawa, Bali, Sulsel dan Sumut," jelas Muchgiarto.

    Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi berharap dengan adanya aplikasi E-Dumas bisa mengetahui secara langsung pengaduan masyarakat. Masyarakat bisa melaporkan keluhannya tanpa harus mendatangi kantor polsek maupun polres.

    "Jadi masyarakat tidak perlu lapor lagi ke mana-mana, gak perlu lagi. Jadi lapor ke E-Dumas semua bisa menampung dan satu tempat kita menyesuaikan di situ laporannya, kita akan tindak lanjuti. Mau ke mana laporannya, nanti akan kita pelajari," kata Rudy.





    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id