Jateng Masih Rawat 1.723 Pasien Covid-19

    Mustholih - 27 Juni 2020 11:24 WIB
    Jateng Masih Rawat 1.723 Pasien Covid-19
    Gubernur jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Medcom.id/Mustholih)
    Semarang: Provinsi Jawa Tengah hingga Sabtu, 27 Juni 2020, masih merawat sebanyak 1.723 pasien positif virus korona. Ribuan pasien itu dirawat di 58 rumah sakit rujukan se-Jateng.

    Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan kendati tak sedikit, ia memastikan kapasitas rumah sakit rujukan covid-19 mampu menampung seluruh pasien.

    "Kapasitas rumah sakit masih cukup. Bahkan, Rumah Sakit Bung Karno di Solo, juga RS Moewardi Solo juga kapasitasnya masih banyak," ujarnya, Sabtu, 27 Juni 2020.

    Selain rumah sakit, kata Ganjar, alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis juga masih cukup. Sehingga, perawatan pasien covid-19 tetap bisa berjalan sesuai protokol kesehatan.

    "Kami juga meminta dunia kesehatan, pemerintah, dan semua instansi terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Hari ini, yang kita butuhkan adalah dukungan masyarakat agar mau disiplin menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan," kata dia.

    Baca juga: Warga Pontianak Diimbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang

    Ganjar mengatakan total jumlah kasus positif covid-19 di Jawa Tengah memang cukup tinggi. Hingga hari ini, ada 3.574 kasus positif covid-19 di Jateng. Dari jumlah itu, sebanyak 1.568 pasien telah sembuh, 1.723 pasien masih dirawat, dan 283 pasien postif meninggal.

    Namun ia mengeklaim peningkatan kasus positif di Jateng karena masifnya penelurusan riwayat kontak. Setiap Kabupaten dan Kota, imbuh dia, intens melakukan rapid test atau swab test secara massal. 

    "Jadi saya minta kepada Kabupaten dan Kota untuk terus mencari, tidak usah takut citranya buruk karena adanya peningkatan karena pencarian. Lebih baik dicari, kalau ditemukan langsung dilakukan penanganan yang tepat," jelas Ganjar.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id