Nekat Mudik, Tambahan Penghasilan PNS Bakal Dipotong

    Mustholih - 09 April 2020 13:42 WIB
    Nekat Mudik, Tambahan Penghasilan PNS Bakal Dipotong
    Ilustrasi. MI
    Semarang: Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, siap memotong tunjangan pegawai negeri sipil (PSN) yang ketahuan mudik Lebaran di tengah pandemi virus korona (covid-19). Hal itu sesuai dengan surat edaran Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), perihal larangan PNS pulang kampung.

    "Sanksinya bisa berupa teguran sampai pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) atau catatan lain," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 9 April 2020.

    Dia menegaskan PNS Pemkot Semarang yang ketahuan bepergian ke luar daerah juga mendapat sanksi. Dia menerangkan bakal menjalankan surat edaran Menpan RB demi menekan penyebaran virus korona di Jateng.

    Baca: Pemerintah Larang ASN Mudik

    Hendrar menjelaskan pelayanan Pemkot Semarang tetap berjalan seperti biasa saat libur lebaran 2020. Dia mengaku sedang menyusun jadwal, agar pelayanan tidak terganggu.

    "Nanti akan kita susun jadwal agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan efektif dan tepat sasaran. Pasti kita awasi soalnya Wali Kota-nya tidak mudik," tegasnya.

    Kebijakan PNS dilarang mudik tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik Bagi Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.
     
    Menpan-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan, para ASN harus mengikuti arahan yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo maupun Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19. Hal yang sama bukan hanya berlaku bagi para ASN tetapi juga seluruh masyarakat untuk meredam penyebaran covid-19 di Indonesia.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id