Seluruh Kabupaten/Kota di Jatim Ditetapkan Zona Merah Covid-19

    Amaluddin - 12 Mei 2020 22:58 WIB
    Seluruh Kabupaten/Kota di Jatim Ditetapkan Zona Merah Covid-19
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Kabupaten Sampang, Madura, akhirnya menjadi zona merah, setelah satu orang terkonfirmasi covid-19. Dengan demikian seluruh daerah di 38 kabupaten/kota Jatim zona merah.

    "Jika sebelumnya zona hijau, sekarang Sampang jadi zona merah," kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa, 12 Mei 2020.

    Baca: Kemensos Salurkan Bantuan Tunai Kepada 58.054 Warga Brebes

    Emil mengatakan jumlah kasus korona di Jatim terus bertambah menjadi 1.649 orang, setelah ada 115 kasus tambahan baru per 12 Mei 2020. Dari jumlah itu, 1.213 pasien masih dirawat.

    Dari 115 tambahan kasus baru itu, separuh di antaranya berasal dari Kota Surabaya yaitu 57 kasus. Kemudian 18 kasus di Kabupaten Sidoarjo, 11 kasus di Kabupaten Probolinggo, lima kasus masing-masing di Kota Pasuruan dan Kabupaten Nganjuk, empat kasus masing-masing di Kabupaten Lumajang dan Gresik.

    Lalu tiga kasus di Kabupaten Jombang, dua kasus di Kabupaten Kediri, dan satu kasus masing-masing di Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Pasuruan, Lamongan, dan Sampang.

    Sampang adalah kabupaten terakhir yang kini berstatus zona merah, setelah sebelumnya selama hampir dua bulan bertahan di zona hijau. Dengan demikian kini seluruh kabupaten/kota di Jatim sudah berstatus zona merah.

    Saat ini jumlah total pasien korona yang sembuh di Jatim sementara ini sebanyak 274 orang. Namun pasien positif corona yang meninggal dunia juga bertambah tujuh orang. Dengan demikian, total pasien meninggal sementara ini sebanyak 162 orang.

    Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim bertambah menjadi 4.280. dari jumlah itu yang masih diawasi sebanyak 1.910 orang, selesai diawasi sebanyak 1.949 orang, dan yang meninggal dunia sebanyak 412 orang. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) bertambah menjadi 21.567. Rinciannya, 4.298 orang masih dipantau, 17.193 orang selesai dipantau, dan 76 orang meninggal dunia.

    Emil menegaskan 115 kasus baru itu berdasarkan domisili pasien, bukan rumah sakit pasien dirawat. Khusus tambahan kasus korona di tiga daerah yang kini menerapkan  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yaitu di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Gresik. “Dari kasus baru 115, sejumlah 57 (pasien positif) berdomisili di Kota Surabaya, kemudian 18 (pasien) berdomisili di Kabupaten Sidoarjo, ditambah Gresik sebanyak empat (pasien)," pungkas Emil.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id