RS di Aceh Diminta Tidak Asal Rujuk Pasien Korona

    Fajri Fatmawati - 21 Maret 2020 07:24 WIB
    RS di Aceh Diminta Tidak Asal Rujuk Pasien Korona
    Konferensi Pers di RSUZA Banda Aceh. (Foto: Medcom.id/Fatma)
    Banda Aceh: Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh, meminta rumah sakit di kabupaten/kota tidak asal merujuk pasien diduga terpapar korona (covid-19). Rumah sakit di kabupaten/kota diminta menentukan status pasien sebelum merujuk pasien.

    "Rumah sakit daerah harus sudah menentukan status pasien apakah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) atau suspect. Kalau harus rujuk, baru dirujuk," kata Direktur RSUZA Banda Aceh Azharuddin di Banda Aceh, Jumat, 20 Maret 2020.

    Azharuddin mengatakan ODP korona masih dapat ditangani oleh dokter spesialis paru di rumah sakit daerah. Pasien yang dirujuk harus mendapat persetujuan dari person in charge (PIC) RSUZA.

    Baca: Dua Pasien Diisolasi di Aceh Negatif Korona

    "Kalau di PIC di sini belum mengiyakan untuk dirujuk, jangan dirujuk dulu. Nanti kan sayang sampai di sini ternyata tidak diperlu dirujuk. Komunikasi ini perlu sekali," jelas Azharuddin.

    RSUZA Banda Aceh kini masih merawat dua PDP, 24 orang lainnya sudah dipulangkan. Selain itu 23 orang telah diambil sampel swab, dan 11 di antaranya negatif korona.

    "Semua pasien dirawat di Respiratory Intensive Care Unit (RICU). Yang sudah kita izinkan pulang kondisinya baik dan sehat," ungkapnya.

    RSUZA memiliki enam kamar perawatan untuk menangani pasien terpapar korona. Pihaknya berencana menambah 12 kamar, dalam beberapa hari ke depan.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id