Pengalihan Penerbangan ke YIA Tanpa Seremoni

    Ahmad Mustaqim - 19 Maret 2020 13:23 WIB
    Pengalihan Penerbangan ke YIA Tanpa Seremoni
    Papan nama Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA). (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
    Kulon Progo: PT Angkasa Pura I akan memindahkan seluruh penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 29 Maret 2020. Namun, peresmian tanpa seremoni, menghindari potensi kerumunan di tengah wabah virus korona.

    "Kami tak akan membuat seremonial pemindahan penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke YIA. Hanya memindahkan tempat," kata Pelaksana tugas sementara Manajer Umum YIA, Agus Pandu Purnama, Kamis, 19 Maret 2020. 

    Agus mengatakan, proses pemindahan saat ini telah masuk verifikasi tahap akhir. Akan ada proses evaluasi hasil verifikasi terkait fasilitas di YIA, khususnya untuk penerbangan internasional. 

    "Prosesnya tiga hari verifikasi. Untuk internasional hari ini (dilakukan verifikasi). Nanti akan keluar izin rute internasional," kata dia. 

    Baca juga: 25 Turis Asing 'Diasingkan' ke Pulau Sikandang Aceh Singkil

    Saat ini, ia mengaku masih menunggu hasil verifikasi yang dilakukan Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan. Pihaknya meyakini YIA akan lolos proses verifikasi untuk operasional penuh 29 Maret 2020. 

    Menurut Agus, YIA sudah beroperasi sejak Mei 2019. Ia meyakini hal itu akan jadi pertimbangan pemerintah untuk memberikan izin operasional secara penuh. 

    Agus menambahkan seluruh penerbangan dari Bandara Adisutjipto akan dipindahkan ke YIA, kecuali pesawat propeler atau berbaling-baling. Total, ada 192 jadwal penerbangan yang dipindahkan, termasuk empat rute internasional ke Malaysia dan Singapura. 

    "Pada 28 Maret 2020 malam, bagi pesawat yang remind over night sudah bisa mendarat di YIA. Bermalam di YIA. 29 Maret pagi sudah berangkat rute YIA ke tujuan," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id