Polisi Usut Longsor di Tambang Emas Ilegal di Parigi Moutong

    Antara - 25 Februari 2021 18:14 WIB
    Polisi Usut Longsor di Tambang Emas Ilegal di Parigi Moutong
    proses evakuasi jenazah tertimbun tanah longsor di lokasi tambang emas tanpa izin di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. ANTARA/Moh Ridwan



    Parigi: Kepolisian Resor Parigi Moutong akan mengusut peristiwa longsor yang mengakibatkan korban jiwa di lokasi tambang emas tanpa izin di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pencarian korban hilang masih dilakukan.
     
    "Iya, peristiwa ini tetap kami dalami setelah evakuasi jenazah yang tertimbun longsor selesai," kata Kapolres Parigi Moutong AKBP Andi Batara Purwacaraka di Desa Buranga, Parigi Moutong, Kamis, 25 Februari 2021.
     
    Polres dan Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Palu saat ini fokus melakukan operasi SAR terhadap korban yang tertimbun material tanah. Pihaknya bersama Polda Sulteng akan memproses kegiatan pertambangan ilegal, termasuk pemilik alat berat hingga orang-orang yang terlibat membiayai kegiatan penambangan.

    Baca: Jenazah Tiga Penambang Emas Tertimbun Longsor Ditemukan






    "Alat berat yang beraktivitas di lokasi tambang tanpa izin ini kami sita sebagai barang bukti untuk pengembangan selanjutnya," ujar Andi.

    Dari peristiwa tersebut, sedikitnya enam jenazah telah dievakuasi tim SAR gabungan. Seorang korban lainnya, masih tertimbun longsoran tanah.
     
    Dari kejadian itu, kata dia,  kurang lebih ada 23 korban. Sebanyak 16 di antaranya selamat, enam meninggal, dan seorang korban masih dalam pencarian.
     
    "Sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) SAR, kegiatan pencarian korban berlangsung selama 7 hari. Namun, apabila dalam kegiatan ini seorang korban tersisa bisa terevakuasi, kegiatan SAR berakhir dengan sendirinya," ucap Andi.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id