Kasus Covid-19 Terus Naik, Tenaga Kesehatan di Solo Mulai Kelelahan

    Triawati Prihatsari - 07 Oktober 2020 16:55 WIB
    Kasus Covid-19 Terus Naik, Tenaga Kesehatan di Solo Mulai Kelelahan
    Ilustrasi. Medcom.id
    Solo: Satgas Penanganan Covid-19 Solo mulai kelelahan. Pasalnya, selain menangani kasus covid-19, para tenaga kesehatan (nakes) juga tidak lepas dari tugas pokok harian.

    "Para nakes mulai lelah. Kondisi mereka mulai turun. Karena penambahan kasus baru beberapa pekan terakhir selalu banyak. Mereka juga wajib melakukan tracing pada kasus baru," ujar Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Solo, Ahyani, di Solo, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Kelelahan terjadi pada nakes yang bertugas di puskesmas. Dia menerangkan, nakes di puskesmas wajib melakukan tracing setiap kasus baru covid-19. 

    Sementara itu, kata dia, penambahan kasus baru covid-19 di Solo selalu di posisi dua digit selama beberapa pekan terakhir. Dia memastikan, setiap kasus baru covid-19 membawa ekor ksus. 

    "Padahal ekor kasus akhir-akhir ini banyak dan panjang. Bisa dibayangkan bagaimana kinerja para nakes tersebut. Di sisi lain, mereka juga masih harus memenuhi tanggung jawab tugas pokok mereka," imbuhnya.

    Puskesmas berada di bawah Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo yang memiliki banyak program wajib seperti menekan persebaran demam berdarah dengue (DBD), program penanggulangan Tbc (tuberculosis), program gizi bagi balita dan anak, serta program lainnya.

    Baca: Kasus Covid-19 Kembali Tercatat di Atas 4.500 Per Hari

    "Kemudian bulan ini bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Jadi wajar kalau mereka kelelahan. Kalau bisa masyarakat membantu meringankan tugas nakes dengan menerapkan protokol kesehatan," beber Ahyani. 

    Ahyani meminta warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19 untuk jujur saat nakes melakukan tracing.

    "Sebaiknya masyarakat jujur, dan melaksanakan setiap instruksi yang disampaikan nakes. Itu cukup membantu tugas nakes," ungkapnya.

    Dia mengungkap, data per Rabu, 7 Oktober 2020, jumlah kasus positif covid-19 di Solo mencapai 747 orang. Jumlah tersebut terdiri dari pasien sembuh 569 orang, pasien isolasi mandiri sebanyak 100 orang, pasien dirawat di RS sebanyak 49 orang dan pasien meninggal 29 orang. 


    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id