Pengungsi di Barat Merapi Tunggu Rekomendasi BPPTKG

    Antara - 07 Januari 2021 13:12 WIB
    Pengungsi di Barat Merapi Tunggu Rekomendasi BPPTKG
    Gunung Merapi difoto dari kawasan Kaliurang, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (18/11/2020). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
    Sleman: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, belum melakukan perubahan skenario pengungsian darurat bencana erupsi Gunung Merapi meskipun dalam beberapa hari terakhir guguran lava pijar dominan ke arah barat.

    "Kami belum melakukan perubahan, masih seperti rekomendasi BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) rekomendasi jarak aman sejauh tiga kilometer dari puncak Merapi. Sedangkan permukiman warga di wilayah barat Merapi Sleman jarak terdekat enam kilometer," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, Kamis, 7 Januari 2021.

    Menurut dia, untuk permukiman warga di wilayah barat, seperti di Kelurahan Tunggularum, Kecamatan Turi, berjarak sekitar delapan kilometer dari puncak Merapi.

    "Sedangkan permukiman di Dusun Turgo, Kecamatan Pakem berjarak sekitar enam kilometer dari puncak Merapi," lanjut dia.

    Baca juga: KPK Geledah Kantor Dinas Perizinan Kota Batu

    Makwan mengatakan pihaknya tetap menunggu rekomendasi dari BPPTKG Yogyakarta dalam menentukan setiap penanganan darurat bencana Merapi, terutama terkait pengungsian warga di daerah rawan bencana.

    "Sejauh ini BPPTKG belum memperluas jarak atau radius aman erupsi Merapi, masih pada jarak tiga kilometer dari puncak Merapi," katanya.

    Meski demikian, BPBD telah menyiapkan barak pengungsian di wilayah barat bila sewaktu-waktu terjadi peningkatan aktivitas Merapi. Saat radius aman diperluas, barak-barak tersebut telah siap digunakan.

    "Barak pengungsian semuanya siap, termasuk sarana dan prasarana, logistik untuk kebutuhan barak pengungsian juga sudah siap dan di masa pandemi covid-19 semua barak sudah disiapkan sesuai protokol kesehatan," jelasnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id