Petugas Gabungan di Sukoharjo Antisipasi Kerumunan Jelang Kepulangan Abu Bakar Ba'asyir

    Triawati Prihatsari - 06 Januari 2021 18:00 WIB
    Petugas Gabungan di Sukoharjo Antisipasi Kerumunan Jelang Kepulangan Abu Bakar Ba'asyir
    Abu Bakar Ba'asyir. Antara/M Agung Rajasa
    Sukoharjo: Petugas gabungan Satgas Covid-19 Sukoharjo melakukan operasi yustisi menjelang kepulangan Abu Bakar Ba'asyir, Jumat, 8 Januari 2021. Operasi yustisi lebih menekankan pada penecgahan kerumunan yang mungkin timbul dari simpatisan Pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah tersebut.

    "Tidak ada pengamanan khusus untuk menyambut kepulangan Abu Bakar Ba'asyir. Kita sudah berkoordinasi bersama keluarga dan ponpes, bahwa mereka tidak akan menghadirkan para santri dan simpatisan. Tidak ada pertemuan yang sifatnya kerumunan juga," ujar Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, di Sukoharjo, Rabu, 6 Januari 2021.

    Diketahui, pihak ponpes dan keluarga Abu Bakar Ba'asyir menggunakan sistem pengamanan swakarya saat kepulangan nanti. Mereka menempatkan petugas keamanan ponpes dari jarak satu Km. Sebanyak 20 titik menjadi sasaran pengamanan swakarya tersebut yang diharapkan mampu mencegah terjadinya kerumunan.

    Baca: Penjemput Abu Bakar Ba'asyir Diminta Lakukan Tes Antigen

    Sementara itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan tak ada pengamanan dari Polres Sukoharjo secara spesifik yang dipusatkan dalam satu titik. 

    "Namun sesuai kesepakatan, pengamanan dilakukan bersama dengan petugas Satgas Covid-19 lainnya meliputi Satpol PP, Dinkes Sukoharjo, TNI dan Polri. Bersama mencegah terjadinya kerumunan," paparnya.

    Jika diketahui terdapat kerumunan, petugas akan langsung membubarkannya. Dan bila terdapat perlawanan saat pembubaran kerumunan, mereka akan menerapkan sanksi pidana.

    Sebelumnya, kebebasan Abu Bakar Ba'asyir dipastikan tidak akan disambut dengan seremonial. Hal itu disampaikan Sekretaris Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Muhammad Darwis.

    "Tidak akan ada seremonial penyambutan. Kita juga sudah mensosialisasikan kepada warga sekitar agar tidak berkerumun di sekitar Ponpes saat kepulangan beliau Jumat, 8 Januari 2021," bebernya. 

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id