comscore

Stok Aman, Warga Diminta Tak Borong Minyak Goreng

Antara - 20 Januari 2022 18:43 WIB
Stok Aman, Warga Diminta Tak Borong Minyak Goreng
Ilustrasi - Minyak goreng kemasan yang dijual di salah satu retail di Kota Yogyakarta dengan harga Rp14.000 per liter. (ANTARA/HO-Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta)
Yogyakarta: Pemerintah Kota Yogyakarta meminta masyarakat tidak perlu melakukan aksi borong atau panic buying minyak goreng kemasan yang saat ini harganya sudah turun menjadi Rp14.000 per liter.

"Tidak perlu panik dengan membeli dalam jumlah banyak. Ketersediaan minyak goreng mencukupi sehingga tidak perlu panic buying,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, di Yogyakarta, Kamis, 20 Januari 2022.
Menurut dia, ketersediaan minyak goreng akan semakin stabil sehingga masyarakat bisa mendapatkannya secara mudah dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Jadi tidak perlu dulu-duluan atau cepat-cepatan membeli dalam jumlah banyak. Perlahan-lahan, stok pasti akan sangat mencukupi," ujarnya.

Pembelian dalam jumlah banyak, lanjut Heroe, justru akan memengaruhi pemerataan distribusi dan pemenuhan salah satu bahan kebutuhan pokok tersebut untuk masyarakat secara langsung.

Baca juga: Pemkot Usut Tarif Parkir 'Nuthuk' di Yogyakarta

"Penjualan minyak goreng dengan harga Rp14.000 per liter memang langsung ditujukan konsumen akhir. Tidak boleh dijual kembali," terang dia.

Pemerintah Kota Yogyakarta juga sudah melakukan kesepakatan dengan asosiasi ritel di kota tersebut terkait penjualan minyak goreng kemasan dengan harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Toko ritel juga sudah diminta untuk mengatur penjualan minyak goreng dengan membatasi jumlah minyak goreng kemasan yang bisa dibeli konsumen," lanjutnya.

Heroe juga menyebut sudah meminta Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta untuk melakukan pemantauan penjualan minyak goreng kemasan dan memastikan harga jual yang ditetapkan sesuai dengan peraturan pemerintah.

"Untuk sanksi pasti sudah ada aturannya. Saya kira dengan kesepakatan bersama antara pemerintah dan APRINDO, seluruh ritel akan mematuhi aturan single price tersebut," jelas Heroe.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id