5 Wilayah di Aceh Nihil Kasus Covid-19

    Fajri Fatmawati - 30 Juli 2020 13:52 WIB
    5 Wilayah di Aceh Nihil Kasus Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Banda Aceh: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh menyatakan terdapat lima kabupaten/kota di wilayahnya nihil kasus virus korona. Kendati, di sisi lain penyebaran virus korona kian meluas. 

    “Virus korona mulai menjalar ke Aceh Tengah. Sementara, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Aceh Singkil, Nagan Raya, dan Subulussalam masih nihil covid-19," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Kamis, 30 Juli 2020.

    Tiga kasus pertama covid-19 di Aceh Tengah merupakan bagian dari 45 kasus baru yang terkonfirmasi dari laporan 11 kabupaten/kota.

    "Dataran tinggi Gayo yang selama ini nihil covid-19 ditemukan tiga dari 45 kasus se-Aceh. Masyarakat diminta tidak panik, namun disiplin mejalankan protokol kesehatan," ujarnya.

    Baca juga: Ratusan Warga di Tegal Berdesakan Ambil Kupon Daging

    Saifullah memerinci 45 kasus baru itu berasal dari 11 kasus warga Bener Meriah, delapan warga Aceh Tamiang, enam warga asal Bireuen dan Aceh Besar. Kemudian empat warga Lhokseumawe, tiga kasus masing-masing dari Aceh Tengah dan Aceh, serta Aceh Utara, Aceh Barat Daya, Pidie, dan Banda Aceh, masing-masing satu kasus. 

    "45 kasus baru ini merupakan lonjakan tertinggi covid-19 sepanjang pandemi virus korona di Aceh," ungkap Saifullah.

    Ia menegaskan masyarakat tidak boleh lagi menyepelekan ancaman penularan covid-19. Protokol kesehatan pencegahan penularannnya harus dijalankan oleh semua pihak tanpa kecuali.

    “Apabila protokol kesehatan sudah menjadi perilaku baru dalam keseharian semua orang, potensi penularan virus korona dalam suatu komunitas pun menjadi lebih rendah,” jelasnya.

    Sementara itu, jumlah akumulatif covid-19 berdasarkan rekap data dari 23 kabupaten/kota, per Rabu, 29 Juli 2020, yakni, jumlah kasus positif covid-19 di Aceh mencapai 238 orang dengan rincian; 132 orang dalam perawatan, 94 orang sudah sembuh, dan 12 orang meninggal. 

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id