Pemkab Cirebon Gelar Tes Swab Massal di Pasar Tradisional

    Ahmad Rofahan - 18 Mei 2020 11:43 WIB
    Pemkab Cirebon Gelar Tes Swab Massal di Pasar Tradisional
    Petugas saat melakukan tes swab massal di Pasar Sumber Cirebon.
    Cirebon: Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon melaksanakan tes swab massal secara acak terhadap sekitar 100 orang pedagang, petugas pasar, maupun pembeli di Pasar Sumber Kecamatan Sumber, Senin 18 Mei 2020. Tes Swab dilakukan dengan mengukur temperatur suhu tubuh, pendataan riwayat perjalanan serta pengambilan sampel untuk dilakukan uji polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium.

    Ketua Gugus Tugas Covid-19 yang sekaligus Bupati Cirebon, Imron saat meninjau pelaksanaan tes swab di Pasar Sumber menjelaskan, tes swab massal dilakukan untuk mengukur tingkat kerawanan penyebaran Covid-19 di pusat keramaian. 

    "Jadi kami dari Gugus Tugas Kabupaten Cirebon mengadakan tes swab di pasar ini untuk mengukur kerawanan di tempat ramai. Agar kita bisa tahu sejauh mana jumlah orang yang terpapar sehingga kita bisa cepat menangani," kata Imron di Cirebon, Senin, 18 Mei 2020.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeny menambahkan, selain di Pasar Sumber, tes swab massal juga dilakukan di enam puskesmas. "Untuk hari ini tes swab selain di pasar juga dilakukan di enam puskesmas," ujar Enny.

    Nantinya tes swab massa juga akan dilakukan di delapan titik pasar lainnya. Di antaranya Pasar Pasalaran, Ciledug, Jamblang, Palimanan, Pasar Batik, Pasar Kue, Cipeujeuh, Babakan dan Ciledug.

    "Kalau ditemukan yang positif jika orang itu tanpa gejala harus isolasi mandiri dengan pengawasan dokter," ujarnya.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id