Jadi Klaster Penyebaran Covid-19, 1 RW di Sidorajo Di-Lockdown

    Heri Susetyo - 20 Mei 2020 14:35 WIB
    Jadi Klaster Penyebaran Covid-19, 1 RW di Sidorajo Di-<i>Lockdown</i>
    Pemberitahuan kawasan zona merah di Desa Waru, Sidorajo. Foto: Medcom.id/ Syaikhul Hadi
    Sidoarjo: Wilayah RW 12 Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo hingga saat ini masih diberlakukan lockdown wilayah karena lokasi setelah menjadi klaster baru penyebaran covid-19 (korona). Arus keluar masuk warga harus menunjukkan surat keterangan RT/RW di bawah pengawasan langsung aparat gabungan TNI/Polri.

    Wilayah RW 12 ini menjadi klaster baru penyebaran covid-19 setelah 15 warganya yang positif covid-19. Selain itu juga ada 15 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), enam orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan dua orang meninggal dunia.

    Di wilayah ini, saat dilakukan rapid test massal terhadap 256 warga, 54 di antaranya reaktif covid-19. Mereka sedang menunggu hasil swab test. Menekan penyebaran, Pemkab Sidoarjo memutuskan lockdown di kawasan ini.

    Wilayah RW 12 diisolasi untuk umum dan warga luar dilarang masuk ke dalam. Warga RW 12 yang diizinkan keluar, hanya yang ahsil rapid testnya negatif. Dengan syarat menunjukkan surat keterangan RT/RW di bawah pengawasan langsung petugas gabungan TNI/Polri.

    Media yang ingin mengambil suasana di RW 12 pun dibatasi. Jurnalis hanya diperbolehkan mengambil gambar di pintu masuk wilayah RW yang di-lockdown tersebut.

    "Setelah itu, selain warga setempat harus taatperaturan, juga harus mendapatkan dukungan dari peran serta perangkat desa,Pemkab Sidoarjo, TNI, Polri, termasuk dinas sosial terkait pemenuhan kebutuhanlockdown masyarakatnya," kata Pelaksana Tugas Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Rabu, 20 Mei 2020.

    Sementara itu guna memenuhi kebutuhan warga selama lockdown, disediakan sembako setiap harinya. Warga diperbolehkan mengambil secara swalayan sembako yang sudah disediakan Polri/TNI di pintumasuk lokasi RW.

    "Untuk kebutuhan warga tersebut kami sudah menyiapkansembako seperti beras, minyak goreng, roti, sayur, lauk, bahkan kebutuhan makanan sahur dan buka puasa," kata Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo Kombes Sumardji, Rabu, 20 Mei 2020. 




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id