1.339 Desa di Jatim Telah Terima BLT Dana Desa

    Amaluddin - 17 Mei 2020 04:30 WIB
    1.339 Desa di Jatim Telah Terima BLT Dana Desa
    Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin
    Surabaya: Provinsi Jawa Timur menempati posisi teratas jumlah desa, yang telah menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Ini merupakan penyaluran BLT DD tahap pertama yang telah disalurkan ke masyarakat.

    Berdasarkan data milik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), jumlah desa yang telah menerima BLT-DD sebanyak 1.339 Desa di 21 Kabupaten/Kota dengan total anggaran senilai Rp66,96 miliar. Disusul  Jawa Barat dengan 1.107 Desa, Sulawesi Tenggara 595 Desa, Sulawesi Tengah 555 Desa dan Sulawesi Selatan 469 Desa. 

    "Kita berpacu dengan waktu agar BLT-DD tersebut bisa sesegera mungkin sampai ke masyarakat desa yang terdampak," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu, 16 Mei 2020.

    Alokasi Dana Desa Provinsi Jatim sendiri tahun 2020 sebesar Rp7,570 triliun. Adapun pagu anggaran untuk BLT-DD bisa mencapai Rp2,285 triliun untuk 1.265.845 keluarga miskin terdampak covid-19 di 7.724 desa se- Jatim.

    Khofifah berharap seluruh warga desa terdampak covid-19, bisa sesegera mungkin menerima BLT-DD tahap pertama sebelum Idulfitri. Dengan begitu, beban ekonomi warga bisa berkurang menghadapi Lebaran. 

    "BLT-DD ini bisa dimanfaatkan untuk membeli keperluan logistik jelang lebaran, tetapi jangan dipakai beli baju baru, gunakan untuk konsumsi makanan bergizi. Insyaallah yang belum mendapatkan segera terdistribusikan," ujarnya.

    Dari 38 kabupaten/kota se- Jatim, kata Khofifah, baru Kabupaten Trenggalek yang telah menyalurkan 100 persen BLT-DD untuk keluarga penerima manfaat. Total penerima di Trenggalek  sebanyak 6.817 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 152 Desa senilai Rp49 miliar.

    "Saya harap Kabupaten/Kota lainnya bisa segera menyusul untuk segera membagikan BLT-DD kepada warga desa," pungkasnya.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id