comscore

Tak Semua Warga Jepara Bisa Sensus Penduduk Mandiri

Rhobi Shani - 17 Februari 2020 16:39 WIB
Tak Semua Warga Jepara Bisa Sensus Penduduk Mandiri
Seorang perempuan melintas di depan tulisan "Sensus Penduduk 2020" di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)
Jepara: Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jepara, Susetyo, mengatakan, tidak semua warga di wilayahnya bisa melakukan sensus penduduk mandiri secara daring. Sebanyak 2.720 warga belum merekam data kependudukan.

Menurut Susetyo, data kependudukan yang diserahkan kepada Badan Pusat Statistik (BPS) hanya hingga Juni 2019. Warga yang melakukan perekaman data kependudukan setelah itu tidak dapat melakukan sensus mandiri secara daring.
“Yang tidak bisa (sensus) online nanti disensus tahap kedua secara manual. Kemudian berapa warga Jepara yang disensus belum bisa kami sampaikan karena data ini terus bergerak setiap hari,” ujar Susetyo, Senin, 17 Februari 2020.

Kepala BPS Jepara Suryokoco menambahkan sensus penduduk secara daring dilakukan agar setiap warga negara Indonesia hanya memiliki satu data kependudukan.

“Harapan saya animo masyarakat untuk bisa mengisi sendiri sensus penduduk secara daring itu tinggi. Kami harapkan lebih dari 50 persen,” imbuh dia.

Untuk memastikan 100 persen penduduk Jepara tercakup dalam sensus, dua tahapan sensus dilakukan. Tahap pertama, sensus penduduk daring yang dilakukan mandiri oleh masyarakat. Sementara warga yang belum mampu mengisi secara daring, akan disensus secara manual pada tahapan kedua.

“Tahap kedua petugas sensus akan datang ke rumah warga dan melakukan wawancara seputar data kependudukan,” pungkasnya.



(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id