Rumah Makan Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Bogor

    Rizky Dewantara - 03 Agustus 2020 09:40 WIB
    Rumah Makan Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Bogor
    Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor Dedie A. Rachim. Medcom.id/Rizki Dewantara
    Bogor: Penyebaran covid-19 di Kota Bogor, Jawa Barat, belum mereda, terbaru terjadi klaster rumah makan Bahrein di kawasan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara. Pemilik rumah makan Bahrein meninggal akibat covid-19, pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Tujuh orang anggota keluarga lainnya  dinyatakan positif terjangkit covid-19.

    "Saya mendapat laporan bahwa pemilik resto Bahrein yang terkonfimasi positif covid-19 dilaporkan meninggal di rumah sakit pada Sabtu 1 Agustus 2020. Saat ini, jenazah sudah dimakamkan dengan protokol covid-19," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor Dedie A. Rachim, kepada Medcom.id, Senin, 1 Agustus 2020.

    Pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor melakukan pelacakan kontak erat dan melakukan tes swab. Hasilnya tujuh orang dari keluarga pemilik rumah makan dinyatakan positif. Total yang berstatus positif covid-19 delapan orang.

    "Kami juga masih menunggu hasil tes swab terhadap 17 orang yang terlibat kontak langsung dengan keluarga tersebut. Saat ini mereka diminta melakukan isolasi mandiri dan kami juga melakukan penelusuran lebih jauh," beber dia.

    Baca: 8 Kecamatan di Kulonprogo Zona Hijau Covid-19

    Dedie menegaskan, tempat makan Bahrein telah ditutup selama 14 hari ke depan. Petugas juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap rumah makan tersebut.

    Sementara itu, data covid-19 pada Minggu, 2 Agustus 2020 di Kota Bogor, yakni 293 orang berstatus positif covid-19. Dia memerinci, sebanyak 82 orang masih dalam perawatan, 21 orang meninggal dan pasien sembuh 190 orang.

    "Jadi jumlah pasien terkonfirmasi positif bertambah tiga kasus, pasien dalam perawatan bertambah dua pasien dan pasien meninggal bertambah satu orang," papar Dedie.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id