PN Kota Bogor Hadirkan Ruang Sidang Modern

    Rizky Dewantara - 08 Februari 2020 13:06 WIB
    PN Kota Bogor Hadirkan Ruang Sidang Modern
    Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (MA) Prim Haryadi, di PN Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat, 7 Februari 2020. Medcom.id/ Rizky Dewantara
    Bogor: Pengadilan Negeri (PN) Kelas I B, Kota Bogor, Jawa Barat, memiliki ruang persidangan pertama di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi digital berbasis informasi di tempat persidangan. 

    "Ruang persidangan berbasis teknologi di PN Kelas I Bogor Kota Bogor merupakan inovasi perdana di Indonesia. Semoga hal ini mampu memberikan peradilan yang cepat bagi masyarakat dan bisa menjadi pilot project kepada PN lainnya di Indonesia," kata Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung (MA) Prim Haryadi, di PN Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat, 7 Februari 2020.

    Prim menjelaskan keunggulan ruang persidangan berbasis teknologi ini mampu mendukung pelaksanaan persidangan elektronik (e-litigasi). Kemudian mampu mendukung pelaksanaan acara pemeriksaan saksi atau ahli dengan menggunakan fitur video conference multi user.

    "Fungsi ruang peradilan berbasis teknologi juga mempermudah majelis hakim maupun pihak terdakwa dan kuasa hukum saat menggelar persidangan karena menggunakan teknologi digital," jelas Prim.

    Ruang persidangan berbasis teknologi tersebut sudah dilengkapi dengan perangkat visualiser. Perangkat itu bisa menampilkan barang bukti lebih jelas dan bisa dapat digunakan saat  pemeriksaan saksi atau ahli secara jarak jauh.

    Prim mengungkapkan kelebihan lainya pada ruang persidangan berbasis teknologi adalah petugas mampu menciptakan arsip digital berupa dokumen gambar, video juga hasil rekaman selama proses persidangan berlangsung.

    "Datanya akan keluar secara real time dengan fitur live recording dan didukung fitur live streaming yang terintegrasi dengan jaringan internet," pungkas Prim.

    Sementara Kepala PN Kelas I B Kota Bogor, Ridwan, mengatakan terkait aturan hukum ruang persidangan berbasis teknologi, pihaknya sedang berkordinasi dengan Mahkamah Agung soal regulasinya.

    "Intinya inovasi ruang persidangan modern untuk mendukung proses peradilan yang cepat, akurat dan  persidangan lebih efisien," kata Ridwan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id