Reschedule Pemberangkatan Jemaah Umrah untuk Cegah Kerugian

    Daviq Umar Al Faruq - 28 Februari 2020 21:21 WIB
    <i>Reschedule</i> Pemberangkatan Jemaah Umrah untuk Cegah Kerugian
    Arab Saudi menunda kedatangan jemaah Umrah dari negara yang diduga menjadi penular virus korona. Foto: AFP
    Malang: Biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah, PT Tiga Cahaya Utama, mengaku tak soal dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi menunda menerima jemaah umrah untuk sementara waktu. Calon jemaah yang sudah terdaftar akan diatur ulang keberangkatannya. 

    "Pemberangkatan berikutnya awal Maret dengan seat Garuda Indonesia. Alhamdulillah Garuda berikan solusi reschedule," kata Direktur PT Tiga Cahaya Utama, Bachtiar Effendi Jumat, 28 Februari 2020.

    Bachtiar mengaku telah memberangkatkan sejumlah jemaah untuk ibadah umrah beberapa waktu lalu. Namun rombongan jemaah ini sudah pulang ke Indonesia.

    "Beberapa hari lalu rombongan besar kami tiba di Tanah Air, menyusul kemudian muncul kebijakan Pemerintah Arab Saudi. Alhamdulillah jemaah kami aman," katanya.

    Bachtiar mengaku pihaknya tidak mengalami kerugian akibat kebijakan Pemerintah Arab Saudi ini. Sebab pihak maskapai penerbangan telah memberikan solusi berupa penjadwalan ulang penerbangan.

    "Yang penting tugas kita sekarang mengedukasi jemaah bahwa kebijakan sementara ini tak lain untuk kebaikan keamanan jemaah," terangnya.

    "Insyaallah pertengahan Maret sudah musim panas, secara alami virus terkikis. Kami optimis Arab Saudi akan berupaya keras secepatnya situasi pulih normal, karena jika tidak, itu kontraproduktif dengan visi 2030 Arab Saudi," imbuhnya.

    Di sisi lain, Bachtiar mengapresiasi upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) dan Asosiasi yang langsung membantu berkomunikasi atau mediasi secara intens dengan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan solusi yang tidak membebani calon jemaah.





    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id