Pemerintah DIY Siapkan Swab Massal

    Ahmad Mustaqim - 25 Juni 2020 21:46 WIB
    Pemerintah DIY Siapkan Swab Massal
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berusaha menyeimbangkan upaya penanganan kasus covid-19 dengan pemilihan perekonomian yang anjlok. Langkah yang sudah direncanakan yakni tes swab massal.

    "Keseimbangkan aktivitas dan penanganan kasus akan diimbangi dengan tindakan tes  lebih lebih masif. Sudah dimulai pemeriksaan massal untuk memetakan kondisi di lapangan," kata Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Biwara Yuswantana, di Kepatihan Yogyakarta, Kamis, 25 Juni 2020.

    Baca: Jokowi Puji Adaptasi New Normal Pariwisata Banyuwangi

    Ia mengatakan tes swab massal dimulai di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Biwara mengatakan tes swab di RSPAU Hardjolukito akan menarget sekitar 500 orang.

    Menurutnya penghidupan aktivitas ekonomi akan dilakukan bertahap dengan melihat hasil tes itu. Ia mengatakan penanganan kasus dan pemulihan ekonomi harus dilakukan beriringan.

    "Ini dua hal yang tak bisa dipisahkan. Ketika aktivitas meningkat harus diimbangi dengan ketaatan melaksanakan protokol kesehatan itu," ujarnya.

    Biwara berujar bupati maupun wali kota di Yogyakarta sepakat menjalankan hal tersebut. Salah satu yang dijalankan pemerintah kabupaten/kota yakni mengintegrasikan sistem pengawasan di obyek wisata dan hotel. Langkah itu akan jadi sumber data dalam mengambil kebijakan penanganan covid-19.

    "Ada juga usulan merevisi Perda ketertiban umum. Salah satunya ketentuan umum soal memakai masker. Untuk semakin kuat penanganannya," ungkapnya.

    Sementara itu perkembangan kasus infeksi covid-19 masih terjadi penambahan. Meskipun dalam beberapa waktu sempat zero kasus.

    Juru bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, mengatakan ada penambahan tujuh kasus baru pada 25 Juni 2020. Jumlah kasus positif covid-19 di DIY saat ini sebanyak 299 kasus.

    "Kami sampaikan juga, ada lima kesembuhan pasien terinfeksi covid-19, dua di antaranya warga negara India. Jumlah pasien sembuh saat ini ada 247 kasus," ungkap Berty.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id