Banjir Rob Terjang Perbatasan Semarang-Demak

    Mustholih - 14 Mei 2020 22:08 WIB
    Banjir Rob Terjang Perbatasan Semarang-Demak
    Ilustrasi: Banjir rob Foto: MI/Galih Pradipta.
    Semarang: Di tengah situasi pandemi covid-19 (korona), banjir air laut pasang melanda  Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah. Air laut masuk ke daratan di perbatasan utara Semarang-Demak itu hingga menggenangi banyak pemukiman warga setempat.

    Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memerintahkan Balai Besar Wilayah Sungai dan PSDA Jateng untuk mengalirkan air rob tersebut ke Sungai Sringin. "Saya minta mana yang bisa dipompa dan dimasukkan ke Sringin, segera harus dilakukan. Hari ini sudah dicek ke lapangan," kata Ganjar, Semarang, Jateng, Kamis, 14 Mei 2020.

    Menurut Ganjar, banjir rob bahkan sampai menggenangi jalan raya pantai utara. Walhasil, kondisi ini menyebabkan arus lalu lintas menunu arah Semarang dan Demak menjadi macet. "Perhubungan (sudah) saya minta terjun agar semuanya terkendali dan tidak terjadi gangguan," ujar Ganjar menegaskan.

    Banjir rob di Kecamatan Sayung menjadi masalah tahunan. Masalah ini turut diperparah dengan kehadiran proyek pembangunan yang belum selesai digarap di sana.

    Soal banjir rob di Sayung, Demak, Ganjar mengaku banyak mendapat komplain dari warga di media sosial. "Sayung memang menjadi perhatian saya. Saya harus menjelaskan pada masyarakat, kami akan menyelesaikan itu dengan program tol laut. Tapi proyek itu belum selesai, saya minta masyarakat bersabar," jelasnya.

    Dari laporan yang diterima, Ganjar mengatakan banjir rob di Sayung mulai terjadi pada 10 Mei 2020. Ganjar menjanjikan kepada warga siap memberi bantuan logistik apabila merasa membutuhkan.

    "Saya menawarkan kalau memang butuh logistik, kami sudah siap. Tinggal pemerintah daerah mengajukan ke kami untuk kebutuhan itu," bebernya.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id