BPKH dan LAZUQ Sebar 1.000 Sapi Kurban ke Pelosok Daerah

    Amir Zakky - 22 Juli 2021 14:20 WIB
    BPKH dan LAZUQ Sebar 1.000 Sapi Kurban ke Pelosok Daerah
    Penyaluran hewan kurban di Jombang, jawa TImur.



    Jombang: Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Lembaga Amil Zakat Ummul Quro (LAZUQ) Jombang, Jawa Timur beserta mitra kemaslahatan BPKH lainnya menyalurkan 1.000 ekor sapi. Hewan kurban disalurkan ke seluruh daerah di 835 titik di 34 provinsi.

    "Bantuan tersebut berasal dari pengelolaan nilai manfaat pengelolaan Dana Abadi Umat (DAU) dan bukan merupakan dana setoran awal dari para Jemaah Haji," kata Kepala BPKH Anggito Abimanyu di sela-sela pembagian daging kurban, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis, 22 Juli 2021. 

     



    Anggito mengatakan, pemotongan hewan kurban mengacu protokol kesehatan ketat dengan melakukan pemotongan di Rumah Potong Hewan (RPH). Proses pendistribusian juga dilakukan langsung ke rumah penerima manfaat guna menghindari kerumunan yang berpotensi memunculkan penyebaran covid-19.

    Tak hanya berbentuk daging, paket bantuan juga berupa daging olahan seperti kornet, rendang siap santap, hingga olahan abon. Sementara untuk menjaga kebersihan, seluruh bantuan dikemas bersih guna mendukung ketahanan pangan masyarakat Indonesia khususnya yang berada di wilayah terpencil, terluar, tertinggal dan wilayah yang terdampak bencana mulai dari kawasan Aceh sampai Pulau terluar Sebatik, hingga Papua dan Papua Barat.

    ”Momentum Iduladha menjadi saat yang tepat untuk membantu sesama sehingga pemilihan lokasi di wilayah terpencil di tanah air diharapkan agar berkah dari kurban ini dapat turut dirasakan masyarakat di seluruh tanah air,” ujar Anggito. 

    Baca: Kabupaten Tangerang Ubah Status Jadi PPKM Level 4

    Anggito menerangkan, berkah kurban tersebut bukan merupakan dana setoran awal jemaah namun merupakan nilai manfaat hasil pengelolaan DAU. Aturan tersebut sudah tertuang dalam Undang Undang Nomor 34 Tahun 2014 yang sudah dimandatkan Kepada BPKH.

    Pemberian bantuan juga sudah sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan nilai manfaat DAU melalui bidang kemaslahatan sebagaimana diatur dalam PP Nomor 5 Tahun 2018 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji serta aturan PBPKH Nomor 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan. 

    "Jadi, seluruh nilai manfaat tetap akan di kembalikan kepada umat di seluruh Indonesia dalam kegiatan kemaslahatan,” ujar Anggito.

    Sementara, Ketua Laz Ummul Quro, Muhammad Rony memastikan proses pemotongan hewan kurban di lokasi zona merah, telah dilengkapi surat izin dari petugas. Distribusi dari progam tersebut, juga sudah mencakup prasarana ibadah, kesehatan, pelayanan ibadah haji, ekonomi umat, pendidikan dan dakwah serta sosial keagamaan.

    “Ini tak lain untuk kebaikan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel. Kami berharap berkah kurban Iduladha 1442 Hijriah BPKH melalui mitra kemaslahatan LAZUQ ini, bisa menyebar maslahat untuk seluruh negeri,” uajt Rony.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id