Polres Karawang Bergantung Hasil Lab untuk Buktikan Vaksinasi Asal-Asalan

    Antonio - 21 Juli 2021 22:45 WIB
    Polres Karawang Bergantung Hasil Lab untuk Buktikan Vaksinasi Asal-Asalan
    ilustrasi Medcom.id



    Bekasi: Polres Karawang masih menunggu hasil laboratorium terkait dengan kasus dugaan vaksinasi asal-asalan yang videonya sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Vaksinasi tersebut terjadi di Puskesmas Wadas, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat.

    Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Oliestha Ageng Wicaksana, menyatakan pihaknya telah meminta pendapat ahli mengenai vaksinasi diduga janggal itu.

     



    "Kunci untuk mengetahui ada tidaknya antigen dalam tubuh pasien yang menguatkan ada tidaknya penyuntikan menunggu dari hasil Lab," kata Ageng saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 21 Juli 2021.

    Baca: Pemkot Surabaya Isi Ulang 200 Tabung Oksigen RS Per Hari

    Dia menjelaskan tidak bisa langsung mengambil langkah sebelum adanya hasil laboratorium untuk membuktikan dilakukan atau tidaknya penyuntikkan vaksin.

    Pihaknya mendapatkan hasil uji laboratorium dengan pengiriman sampel secara berkala ke laboratorium biologi molekuler di Jakarta.

    "Dari h+3 pascapenyuntikan, 14 hari setelah penyuntikan, 30 hari setelah penyuntikan, 14 hari setelah vaksin ke-2, 30 hari setelah vaksin ke 2," jelasnya.

    Sebelumnya Polres Karawang menyelidiki kasus video viral tentang dugaan vaksin yang tidak disuntikkan kepada warga yang diunggah di akun Instagram @halokrw pada Selasa, 13 Juli 2021.

    Video yang diambil di Puskesmas Wadas, Telukjambe Timur itu memperlihatkan seorang warga yang sedang melakukan vaksinasi.

    Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtana Putra, mengatakan pihaknya telah memeriksa enam orang yaitu dari pihak nakes, pihak puskesmas, pihak vaksinator, dan tiga orang saksi lainnya yang divaksin.

    "Apakah ini benar atau hoaks masih dalam penyelidikan kami," kata Rama, Rabu, 14 Juli 2021.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id