Gibran Minta Warga Tak Khawatir Limpahan Pasien dari Kudus

    Triawati Prihatsari - 07 Juni 2021 17:45 WIB
    Gibran Minta Warga Tak Khawatir Limpahan Pasien dari Kudus
    ilustrasi Medcom.id



    Solo: Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta warga Solo tidak khawatir berlebihan terkait adanya pasien limpahan dari Kudus yang diisolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

    Meskipun secara kewilayahan Asrama Haji Donohudan berbatasan dengan Kota Solo, namun keberadaan pasien covid-19 diisolasi dengan ketat.

     



    "Ndak perlu khawatir atau takut, mereka kan diisolasi. Mereka tidak bisa bebas keluar masuk," kata Gibran di Solo, Senin, 7 Juni 2021.

    Baca: Rekonstruksi Sate Beracun di Bantul, Pelaku Aduk Bumbu Sate dengan Sianida

    Gibran menjelaskan Pemkot Solo siap membantu jika daerah lain membutuhkan bantuan untuk menangani pasien covid-19. Menurutnya penanganan covid-19 harus dilakukan secara kerjasama dan berkesinambungan.

    "Yang pasti ada daerah lain seperti itu (kewalahan), ya kita harus membantu. Kita siap membantu kalau dibutuhkan. Termasuk membuka ruang isolasi di RS-RS di Solo, atau mengirimkan nakes (tenaga kesehatan)," jelas Gibran.

    Namun Gibran berharap penanganan pasien OTG di Donohudan dari Kudus tersebut segera terlampaui. "Seharusnya dapat ditangani dengan isolasi di Donohudan itu. Tapi kita siap kalau harus membantu. Beberapa daerah lain juga sudah membantu," ujarnya.

    Sebelumnya pihak Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, memastikan kapasitas tempat tidur masih mencukupi untuk menerima limpahan orang tanpa gejala (OTG) covid-19 dari Kabupaten Kudus. Bahkan pengelola menyebutkan masih bisa menerima 400 hingga 500 OTG lagi untuk diisolasi di Donohudan.

    "Kami melakukan persiapan untuk menerima pasien covid-19 dari Kudus. Kalau untuk jumlahnya, yang pasti kapasitas ruangnya masih cukup. Masih bisa menampung 400 hingga 500 orang lagi," kata Penanggung jawab untuk Isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG) wilayah Solo Raya, Sigit Armunanto.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id