11 Daerah di Sumsel Rawan Banjir dan Longsor

    Gonti Hadi Wibowo - 15 November 2019 10:57 WIB
    11 Daerah di Sumsel Rawan Banjir dan Longsor
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Palembang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Selatan menyebut 11 daerah di Bumi Sriwijaya rawan banjir dan longsor.

    Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan daerah rawan bencana banjir umumnya berada di wilayah hulu Sumsel, seperti Kabupaten Musi Rawas Utara, Musi Rawas, PALI, Muara Enim, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Ogan Komering Ilir. Sedangkan daerah berpotensi longsor meliputi Kabupaten Empat Lawang, Pagar Alam, Lahat, dan Ogan Komering Ulu Selatan.

    "Pada musim hujan ini daerah dataran tinggi dan hulu Sumsel rentan terkena bencana alam banjir dan longsor," kata Iriansyah, Jumat, 15 November 2019. 

    Menurutnya, jelang musim penghujan potensi bencana puting beliung juga menjadi salah satu ancaman. BPBD berkoordinasi dengan instansi terkait mulai menyiapkan logistik termasuk stok bahan untuk didistribusikan jika ada korban bencana.

    "Musibah itu tidak hanya mengakibatkan kerugian materi tetapi juga dapat menelan korban jiwa. Jadi Badan Ketahanan Pangan juga sudah menyiapkan beras bila terjadi bencana yang menyebabkan gagal panen di daerah-daerah," ungkapnya.

    Pihaknya juga telah menyiagakan personel dan peralatan baik dari BPBD, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum, serta instansi terkait lainnya dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

    “Dengan pemetaan ini kita bisa melakukan persiapan sejak jauh hari. Mulai dari sumber daya manusia hingga peralatan bila terjadi bencana," jelas dia.

    Sementara itu, Humas Basarnas Kota Palembang, Topan menambahkan, pihaknya telah menyiapkan pos bencana untukmengantisipasi longsor dan banjir.

    “Dilengkapi dengan alat-alat berat untuk menangani banjir dan longsor sehingga kami siap untuk mengantisipasi bencana nanti saat musim penghujan,” imbuh dia. 



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id