Kemenag Sulsel Minta Calon Jemaah Umrah Tenang

    Muhammad Syawaluddin - 27 Februari 2020 18:18 WIB
    Kemenag Sulsel Minta Calon Jemaah Umrah Tenang
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Makassar: Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan meminta seluruh calon jemaah umrah di Sulsel tetap tenang menanggapi keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menghentikan kedatangan jemaah umrah dari Indonesia.

    Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono, mengatakan keputusan Pemerintah Arab Saudi harus dihargai.

    "Kami harap masyarakat tenang. Ini merupakan langkah atau upaya bijak dari pemerintah Arab Saudi," kata Kaswad di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 27 Februari 2020.

    Baca: Larangan Jemaah Indonesia Umrah Dinilai Tak Relevan

    Kaswad mengatakan surat keputusan yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi sudah pasti dilakukan dengan pertimbangan matang. Apalagi kondisi penyebaran virus korona covid-19 masih belum selesai.

    Menurutnya itu langkah tepat untuk mencegah penyebaran virus meskipun sejauh ini pihaknya belum mendapatkan surat resmi terkait pelarangan.

    "Kemenag Sulsel, menunggu petunjuk pusat. Kami juga sedang berkonsultasi dengan Kemenag RI, untuk melakukan langkah lanjutan," ungkap Kaswad.

    Dari data Kemenag Sulsel pada 2019 lalu, di Sulsel terdapat 52 perusahaan travel penyelenggara haji dan umrah dan sebanyak 22 kantor cabang perusahaan travel yang berpusat di provinsi lain. 

    Sebelumnya Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan keputusan penangguhan masuk dengan visa turis. Beberapa negara penyebaran virus korona covid-19 dilarang masuk, salah satunya adalah Indonesia.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id