Bangunan Liar di Tanggulangin Segera Dibongkar

    Syaikhul Hadi - 24 Februari 2020 15:04 WIB
    Bangunan Liar di Tanggulangin Segera Dibongkar
    Forkopimda Sidoarjo saat sidak lokasi banjir di Tanggulangin, Sidoarjo. Foto: Medcom.id/S Hadi
    Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo segera membongkar bangunan liar di kawasan Desa Banjar Asri dan Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Selain itu waduk buatan akan dibangun di kawasan tersebut untuk mengatasi banjir. 

    Menurut Pelaksana Tugas Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin pembongkaran lantaran bangunan liar berdiri di atas tanah irigasi. Sehingga menghambat aliran air masuk ke sungai.

    "Camat dan kepala desa yang daerahnya terdampak segera mengumpulkan warganya, koordinasi terkait rencana penertiban bangunan liar di sepanjang Kali Kedungbanteng dan Banjarasri," ungkapnya saat melakukan rapat bersama Forkopimda dan perangkat desa, Senin, 24 Februari 2020. 

    Dia melanjutkan dua rencana itu dianggap paling efektif mengatasi banjir. Dia menyakini banjir tak lagi menerjang dua desa tersebut, setelah penertiban bangunan liar dan pembangunan waduk. 

    Baca: Banjir di Tanggulangin Sidoarjo Berstatus Tanggap Darurat

    Pihaknya mengeklaim pemerintah telah berupaya maksimal dengan mengoperasikan 11 pompa dan melakukan normalisasi. Namun, intensitas hujan yang tinggi tidak membuat banjir surut. 

    Dia menyebut dari 12 RT yang terendam banjir, kini tersisa 5 RT. Sedangkan jumlah warga terdampak makin berkurang, menjadi 1.309 dari 2.500 warga. 

    Senada, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Sumardjie, menilai penertiban bangunan liar dan pembuatan waduk adalah solusi mengatasi banjir. Tapi, pemerintah tetap harus melakukan normalisasi. 

    "Jika ingin banjir ini segera selesai dan tuntas maka solusinya normalisasi kali dan bongkar bangunan liar, warga yang punya bangunan harus mengikhlaskan," kata Sumardji.

    Sumardji mengungkap penyebab terjadinya banjir dikarenakan pendangkalan dan penyempitan sungai akibat banyaknya bangunan liar. Pembongkaran bangunan liar dan normalisasi akan dilakukan dalam waktu dekat. 

    "Camat dan Kades bersama tokoh masyarakat melakukan koordinasi bersama warga Kedungbanteng dan Banjarasri," ucapnya. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id