8 Hektare Lahan di Aceh Terbakar

    Fajri Fatmawati - 26 Februari 2020 05:37 WIB
    8 Hektare Lahan di Aceh Terbakar
    Lahan di Aceh Selatan terbakar. Foto: Fajri Fatmawati
    Aceh: Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Provinsi Aceh melaporkan ada empat insiden kebakaran lahan di Aceh Selatan, Aceh, Sepanjang Senin, 24 Februari 2020. Total lahan yang terbakar mencapai enam hektare. 

    "Lahan yang terbakar di beberapa titik lokasi berbeda itu terjadi di empat desa, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh," kata Kepala BPBA Provinsi Aceh, Sunawardi, di Banda Aceh, Selasa, 25 Februari 2020.

    Sunawardi menuturkan kebakaran disebabkan pembukaan lahan oleh warga sekitar. Titik kebakaran lahan itu yakni satu hektare di Desa Seunebok Jaya, Trumon Tengah, dan satu hektare di Desa Titi Pobem, Trumon Timur. 

    Selanjutnya, dua hektare lahan terbakar di Desa Simpang Tiga, Kluet Tengah, dan dua hektare di Desa Suak Bakong, Kluet Selatan.

    Baca: Lahan Seluas 6 Hektare di Bener Meriah Aceh Terbakar

    BPBD Aceh Selatan mengerahkan pos pemadam kebakaran 06 Trumon untuk mengatasi kebakaran lahan tersebut. Namun, armada pemadam kebakaran kesulitan menjangkau titik api.

    "Akses ke lokasi titik api susah dilalui dan sumber air jauh dari lahan yang terbakar, sehingga api dipadamkan secara manual," jelas Sunawardi.

    Sunawardi menyebut pemadaman dilakukan secara manual oleh aparat gabungan.

    8 Hektare Lahan di Aceh Terbakar
    Petugas berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Aceh Besar. Medcom/Fajri Fatmawati

    Sebanyak dua hektare lahan juga terbakar di Aceh Besar, Aceh. Titik kebakaran lahan ada di tiga desa, yakni Pasie Beutong, Meunasah Lambaro, dan Lhok Seudu. 

    "Diduga akibat pembakaran sampah yang dilakukan tanpa pengawasan di dekat pohon rumbia sehingga api dengan cepat merambat," jelasnya.

    Ia memastikan insiden kebakaran lahan di Aceh Selatan dan Aceh Besar tidak menelan korban jiwa. "Petugas juga berhasil melakukan pemadaman. Situasi, kembali kondusif," ujarnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id