Cegah Korona, Singapura Batasi Kunjungan WNI

    Anwar Sadat Guna - 16 Maret 2020 20:49 WIB
    Cegah Korona, Singapura Batasi Kunjungan WNI
    Ilustrasi-Antara/Mohamad Hamzah
    Batam: Otoritas Singapura mulai hari ini pukul 23.59, memberlakukan pembatasan kunjungan bagi warga negara asing, termasuk Indonesia untuk masuk ke Singapura. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di negara Singa tersebut.

    Demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Singapura menyikapi wabah virus korona atau covid-19, yang diterima Medcom.id dari Konsul Singapura di Batam, Senin, 16 Maret 2020.

    Dalam keterangan resmi Kementerian Kesehatan Singapura, pembatasan kunjungan itu mulai berlaku pukul 23.59 malam ini. Pembatasan berkunjung ke Singapura itu berlaku bagi warga negara Indonesia dan juga negara ASEAN, termasuk Swiss, Jepang, dan UK.

    "Kebijakan ini akan ditinjau lagi selama 30 hari ke depan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah dan meminimalisasi penyebaran virus korona di Singapura," demikian pernyataan resmi Kementerian Singapura.

    Masih penyataan resmi Singapura, jika dalam penerapannya ditemukan ada WNA, termasuk dari Indonesia memiliki gejala mengarah pada covid-19 maka otoritas Singapura akan melakukan karantina selama 14 hari bagi warga tersebut. 

    Provinsi Kepri, khususnya Batam sebagai wilayah terdekat dari Singapura, langsung merespon pembatasan kunjungan tersebut. Pemerintah Kota Batam menghimbau warganya untuk sementara waktu tidak berkunjung ke Singapura.

    "Dengan terbitnya pernyataan resmi Singapura tersebut, kami imbau masyarakat Batam untuk sementara wajtu hingga 14 hari ke depan untuk tidak nerkunjunv ke Singapura. Ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan," ungkap Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad yang juga ketua tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Batam.

    Sementara itu, Plt Gubernur Kepri mengimbau masyarakat Kepri agar mematuhi aturan yang dikeluarkan otoritas Singapura tersebut. Hal ini juga dimaksudkan agar WNI yang akan berkunjung ke Singapura dapat terhindar dan melakukan upaya pencegahan sehingga tidak terpapar virus corona.

    "Itu merupakan kewenangan Singapura. Kita harus mematuhi. Namun, bila ada WN Singapura yang berkunjung ke Batam maka harus diperiksa secara ketat terkait suhu tubuh dan kondisi kesehatannya. Tentu, petugas KKP dan Imigrasi kita harapkan dapat melakukan upaya-upaya pencegahan covid-19 di pelabuhan-pelabuhan termasuk bandara di Batam dan daerah lain di Kepri," pungkasnya.

    Sekadar diketahui, kunjungan wisatawan terbanyak ke Batam saat ini masih didominasi wisman asal Singapura dan Batam. Jarak tempuhdari Batam ke Singapura ditempuh selama 50 menit melalui jalur laut.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id