Warga Cilodong Depok Mulai Berbenah Usai Banjir

    Octavianus Dwi Sutrisno - 17 Februari 2020 14:54 WIB
    Warga Cilodong Depok Mulai Berbenah Usai Banjir
    Barang-barang rumah tangga yang selamat saat banjir merendam dua perumahan di Kecamatan Cilodong, Depok. Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Octavianus)
    Depok: Banjir yang merendam dua perumahan yakni Puri Bella dan Villa Bunga, di Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, berangsur surut.

    Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Depok, Denni Romulo, mengatakan, air dari banjir menyusut sejak Senin dini hari, 17 Februari 2020.

    "Warga sudah mulai pulang ke rumahnya masing-masing," ujar Denni, Senin, 17 Februari 2020.

    Menurut Denni, warga mulai berbenah usai air surut. Sisa-sisa banjir yang menempel pada barang-barang rumah tangga dibersihkan. 

    "Warga sedang bebenah karena kebanyakan mereka meninggalkan rumah tanpa sempat mengamankan barang barangnya," sambung dia.

    Mengantisipasi bencana banjir susulan yang kemungkinan terjadi, Denni memastikan pihaknya memantau perkembangan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

    "Kita juga siapkan personel Penanggulangan Bencana, dari DPPK Kota Depok sekitar 70 orang. Mereka terus memantau titik-titik rawan banjir dan tanah longsor," jelasnya.

    Sementara itu, anggota Tagana Dinas Sosial Kota Depok Amirudin menambahkan, titik banjir di wilayah Kelurahan Kali Baru meliputi tiga RT dan Kelurahan Cilodong dua RT.

    "(Banjir) di Kelurahan Kali Baru di RT 03, 06, dan 02. Sedangkan di Kelurahan Cilodong ada di kawasan RW 06 yang melingkupi RT 03 dan 04," imbuhnya.

    Menurut dia, bencana banjir pada Minggu, 16 Februari 2020 juga melanda perumahan GSA Jalan Raya Raden Saleh, Cilodong, Depok, di dua lokasi. Sedangkan satu titik banjir berada di kawasan Kecamatan Sukmajaya. 

    Jumlah warga yang terdampak banjir ada sekitar 350 kepala keluarga. Titik banjir tertinggi berada di Perumahan Villa Bunga dan Puri Bella, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong.

    "Untuk di kedua wilayah (titik banjir tertinggi) banjir mencapai 150 sentimeter, sedangkan untuk di lokasi lainnya rata-rata sekitar 30 sentimeter atau sebatas mata kaki sampai lutut," pungkasnya.






    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id