Masyarakat Sekitar Gunung Lawu Diminta Aktif Cegah Kebakaran

    Antara - 04 Juli 2020 19:31 WIB
    Masyarakat Sekitar Gunung Lawu Diminta Aktif Cegah Kebakaran
    Sejumlah pendaki Gunung Lawu berada di gerbang jalur pendakian Cemorosewu di Magetan, Jawa Timur, Selasa (1/1/2019). ANTARA FOTO/Siswowidodo.
    Magetan: Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu dan Sekitarnya (KPH Lawu Ds) mewaspadai kebakaran hutan yang rawan terjadi di lereng Gunung Lawu selama musim kemarau.

    Kepala Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, KPH Lawu Ds, Kholil, mengatakan pihaknya telah melakukan upaya eksternal dan internal untuk mencegah kebakaran hutan di wilayah lereng gunung.

    "Kami telah mengirimkan surat imbauan dan sosialisasi kepada kepala desa dan para pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah BKPH Lawu Selatan untuk diteruskan ke anggotanya dan warga di tepian hutan," kata Kholil di Magetan, Sabtu, 14 Juli 2020.

    Baca: Warga Sulsel Bisa Rapid Tes Gratis

    Kholil menjelaskan melalui surat tersebut pihaknya meminta anggota LMDH ataupun warga yang beraktivitas di dalam kawasan hutan untuk tidak melakukan pembakaran atau membuat perapian sekecil apapun yang dapat menyebabkan kebakaran hutan.

    Pihaknya juga mengimbau anggota LMDH untuk membentuk satuan tugas pemadam kebakaran mandiri sehingga sewatu-waktu jika terjadi kebakaran hutan bisa segera digerakkan dan cepat teratasi.

    "Selain itu, juga meningkatkan patroli di wilayah pangkuan masing-masing dalam rangka deteksi dini dan upaya pencegahan kebakaran hutan," ujarnya.

    KPH Lawu Ds juga memasang sejumlah baliho di dekat pos pendakian Cemorosewu yang berisikan larangan bagi para pendaki untuk membuat perapian atau api unggun yang dapat memicu kebakaran hutan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id