21 Desa di Musi Rawas Terendam Banjir Capai Dua Meter

    Gonti Hadi Wibowo - 10 Februari 2020 17:03 WIB
    21 Desa di Musi Rawas Terendam Banjir Capai Dua Meter
    Kondisi banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Musi Rawas, Sumsel, Senin, 10 Februari 2020. Dokumentasi/ Istimewa
    Musi Rawas: Sebanyak 21 desa di empat kecamatan di Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan, terendam banjir dengan ketinggian mencapai dua meter. Total 2.744 kepala keluarga terdampak akibat banjir tersebut.

    Kepala Bidang Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, mengatakan hujan deras yang terjadi pada Minggu, 9 Februari 2020 membuat beberapa sungai di Kabupaten Musi Rawas meluap sehingga merendam rumah di 21 desa dari empat kecamatan.

    "Alhamdulilah tidak ada korban jiwa. Tetapi ada 2.744 kartu keluarga yang rumahnya terendam akibat banjir dengan ketinggian dua meter," kata Ansori saat dikonfirmasi, Senin, 10 Februari 2020.

    Ansori menjelaskan hingga Senin, 10 Februari pukul 15.00 WIB ini kondisi banjir di empat kecamatan di Kabupaten Musi Rawas berangsur surut dengan ketinggian air hanya mencapai sekitar 100 sentimeter.

    "Meski terendam banjir tetapi warga masih bertahan di rumah mereka karena rata-rata kondisi rumah warga disana itu rumah panggung," jelas Ansori.

    Selain merendam rumah, kerusakan lainnya akibat banjir tersebut membuat jembatan gantung di desa Pulau Panggung putus akibat tali penahan jembatan lepas.

    Saat ini Dinas Kesehatan sudah membentuk sejumlah posko di desa yang terendam banjir serta melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial untuk memberikan bantuan kepada warga.

    "Kami mengimbau kepada warga disana untuk selalu waspada terhadap banjir susulan karena cuaca ekstrem masih akan berlangsung hingga Maret mendatang," pungkas Ansori.





    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id