3 Hektare Lahan di Ogan Ilir Terbakar

    Gonti Hadi Wibowo - 21 Agustus 2020 14:33 WIB
    3 Hektare Lahan di Ogan Ilir Terbakar
    Petugas sedang memadamkan api di Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Kamis 20 Agustus 2020. Foto: Istimewa
    Palembang: Tiga hektare lahan di dua lokasi berbeda di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, terbakar, pada Kamis, 21 Agustus 2020. Saat ini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah berhasil dipadamkan.

    Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, mengatakan dua lokasi karhutla di Ogan Ilir berada di desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara, dengan rincian tiga hektare lahan. Sedangkan lokasi kedua di Kelurahan Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara dengan 0,1 hektare. 

    "Karhutla yang terjadi kemarin itu desa Palem Raya merupakan lahan kosong sedangkan di Kelurahan Timbangan ada oknum masyarakat yang membakar sampah sehingga merambat ke lahan kosong. Tetapi petugas berhasil memadamkan api," kata Ansori, Jumat 21 Agustus 2020.

    Baca: Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Sempat Ganggu Arus Tol Palindra

    Ansori menjelaskan, saat ini sekitar 200 lebih petugas dari tim BPBD Ogan Ilir, Manggala Agni, TNI, Polri, masyarakat dan satu unit helikopter masih bersiaga di Ogan Ilir.

    "Petugas di darat  juga disiapkan peralatan seperti mesin pompa, Jet shuter, dan Sprayer. Sedangkan di udara disipapkan satu unit helikopter," jelasnya.

    Pihaknya mencatat Ogan Ilir merupakan wilayah terbanyak di Sumsel mengalami karhutla. Total 36 hektare lahan terbakar sejak 1 Januari hingga 20 Agustus 2020.

    "Ogan Ilir banyak terjadi Karhutla karena wilayah lahan kosongnya dan gambut lebih banyak sehingga potensi ancaman lahan terbakar lebih besar ketimbang daerah lain," jelasnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id