comscore

Upaya BKSDA Hadapi Perdagangan Satwa Liar di Jateng

MetroTV - 13 Januari 2022 21:35 WIB
Upaya BKSDA Hadapi Perdagangan Satwa Liar di Jateng
Upaya BKSDA hadapi perdagangan satwa liar di Jateng. Foto: Dok/Metro TV
Jakarta: Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah  terus memerangi perdagangan satwa liar yang masuk ke Provinsi Jawa Tengah. Akibat perdagangan satwa ilegal, populasi satwa liar di habitat aslinya menurun.

Kepala BKSDA Jawa Tengah Darmanto mengungkapkan, BKSDA bekerja sama dengan Kepolisian Balai Karantina dan Polsek kawasan Pelabuhan Tanjung Mas guna menangkal perdagangan dari luar provinsi yang masuk Jawa Tengah.
"Kami telah menandatangani MoU bersama Polri pada 2019 terkait Pengamanan dan Penanganan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Darmanto dalam program Selamat Pagi Indonesia, Kamis, 13 Januari 2022.

Darmanto menerangkan, bila masyarakat masih  melakukan perdagangan satwa liar, populasi satwa yang ada di habitat bisa menurun.

"Karena adanya perdagangan satwa secara ilegal, masyarakat menangkap atau memburu satwa di habitat asli yang dapat mengakibatkan jumlah populasinya bisa menurun," terang Darmanto.

Darmanto menambahkan, BKSDA telah melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para penangkap satwa liar agar mereka jera.

BKSDA melayani aduan masyarakat mengenai informasi tindak pidana satwa dilindungi dan melayani masyarakat mengenai prosedur perizinan penangkaran melalui call centre 0815764544. (Monique Handa Shafira)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id